Musnahkan 8,2 Kuintal Ganja, BNN Lacak Narkoba dari Penjara

Sumber :
  • VIVA.co.id/ Annisa Maulida

VIVA.co.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan sejumlah barang bukti narkoba di Garbage Plants Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu 10 Februari 2016. Di antara narkoba yang dimusnahkan itu terdapat 8,2 kuintal ganja siap edar.

Sebanyak 50 persen dari barang bukti yang dimusnahkan hari ini, merupakan milik bandar yang berada di balik jeruji besi.

"Kami tengah menyelidiki lebih lanjut, kalau masih aktifnya para bandar narkoba yang mengendalikan jual beli barang haram ini dari balik jeruji," ujar Kepala BNN Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, saat ditemui usai pemusnahan barang bukti narkoba, Rabu 10 Februari 2016.

Menurutnya, BNN sudah mengintai seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) di Indonesia. Petugas mendapati para bandar aktif beroperasi dari balik penjara.

"Mereka sudah lama beroperasi dan baru sekarang terungkap," kata Buwas, sapaan Budi Waseso.

Saat ini, BNN masih terus menyelidiki lapas dan oknum sipir yang diduga terlibat di dalam peredaran narkoba.

"Karena masih melakukan pengembangan, kami tidak bisa menyampaikannya sekarang. Yang pasti, semua lapas berpeluang."

Ada pun 8,2 kuintal ganja yang dimusnahkan tersebut berasal dari Aceh. Ganja itu untuk diedarkan di Jakarta. Barang bukti tersebut disita dari tersangka AP (59) dan AM (36).

Barang bukti lainnya yang dimusnahkan, yaitu 85 butir ekstasi asal Amerika Serikat, yang diantarkan melalui paket Kantor Pos Pasar Baru Jakarta Pusat. Selain itu, barang bukti 1.076 gram sabu asal Thailand, yang disita dari tersangka BN (32) dan HG (33).

Selanjutnya, sabu sebanyak 13,7 kilogram (kg) yang peredarannya dikendalikan oleh narapidana asal Nigeria. Barang bukti itu disita dari tersangka LAS (63), MA (28), dan SL (42).

Haris Azhar Tolak Bergabung di Tim Investigasi Testimoni

(asp)

Penjahat narkoba

Diusulkan Tiru Filipina Perangi Narkoba, Ini Respons DPR

'Penjara kita itu mayoritas diisi terpidana narkoba.'

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016