Rusia Tawarkan Sukhoi dan Kapal Selam ke Indonesia

Sumber :
  • sukhoi.org

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia sedang menjajaki kerjasama bilateral dengan Rusia. Kerjasama tersebut khususnya di bidang militer, intelijen, siber, narkoba, dan hukum.

Enam Negara Ini Punya Latihan Militer yang 'Anti Mainstream'

"Mereka tawarkan berbagai macam bidang latihan. Mereka tawarkan peralatan-peralatan militer untuk dimanfaatkan. Mereka menawarkan Sukhoi Su-35, kapal selam, helikopter," kata Luhut di kantornya, Jakarta Selasa 9 Februari 2016.

Ia menambahkan meski banyak alat dan peralatan militer Rusia yang ditawarkan ke pemerintah Indonesia, ia memastikan akan tetap ada transfer teknologi dari Rusia, terkait peralatan militer tersebut.

AS-Filipina Patroli Bersama di Laut China Selatan

"Ini pertemuan ketiga, sejak pertemuan ini dibangun. Inti pertemuan, kita menindaklanjuti masalah kerjasama militer," kata Luhut.

Luhut menyatakan meski Indonesia memiliki sejumlah kerjasama di berbagai bidang dengan siapapun, Indonesia tetap akan menjadi negara yang berimbang dan tak didikte negara manapun.

Menlu AS Kecam Sikap Provokatif Jet Tempur Rusia

"Jadi, jangan ada pandangan kita diatur Amerika atau oleh siapa. Tidak, tidak ada satu negara pun yang atur kita," ujarnya.

Latihan militer China di musim dingin.

Laut China Selatan Memanas, China dan Rusia Latihan Militer

Namun, latihan gabungan ini diklaim bukan untuk menyerang negara lain.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016