Sudirman Said Temui Menko Darmin, Bahas Percepatan Kilang

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said (kanan).
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, pagi ini, Selasa 9 Februari 2016 menyambangi kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, guna menindaklanjuti percepatan pembangunan kilang minyak.

Pantauan VIVA.co.id, mantan Bos PT Pindad tersebut tiba di kantor Menko Darmin pukul 09.00. Selang 10 menit kemudian, giliran Darmin dan Direktur Jenderal Pengelolaan dan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan yang datang.

"Kami akan membahas soal kilang," ujar Sudirman saat ditemui di kantor Menko Perekonomian Jakarta.

Kendati demikian, Sudirman masih enggan membeberkan fokus utama dalam pembahasan kali ini. Intinya, kata dia, adalah bagaimana implementasi Peraturan Presiden (Perpres) pembangunan kilang mampu terakselerasi dengan baik.

"Ini baru akan di follow up sama menteri. Dirapatkan dulu ya," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Sekedar informasi, Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu telah menandatangani Perpres mengenai pembangunan kilang. Dalam aturan tersebut ada empat skema pembangunan kilang. Pertama, adalah pembangunan dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kedua, Pembangunan kilang dengan penugasan kepada PT Pertamina. Ketiga adalah pembangunan kilang dengan cara melakukan kerja sama Pertamina dan investor swasta, dan terakhir adalah pembangunan kilang yang dilakukan oleh pihak swasta.
 

Menteri Darmin: Belanja APBN-P 2016 Akan Dipangkas Rp133,8 T
Dirjen Migas, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja.

Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya

Tapi Menteri Arcandra belum mengetahui rencana ini.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016