Ahok Heran, Mana Ada Habis Hujan Tergenangnya Ganti-gantian?

Bahas bencana banjir Ibu Kota
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengklaim menemukan keanehan dalam pola sebaran titik genangan banjir dalam musim penghujan tahun ini. Hujan mengguyur Jakarta secara merata. Meski demikian, setiap hujan reda, air hanya menggenang di beberapa titik saja. 

Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi
Hal yang dianggap aneh adalah sebaran titik itu tidak sama setiap kali hujan selesai mengguyur.

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
"Kalian lihat saja secara logika. Mana ada sehabis hujan, tergenangnya ganti-gantian," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Underpass Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu, 7 Februari 2016.

Ahok menjelaskan, lokasi genangan yang pertama kali ramai diberitakan media pada musim penghujan kali ini adalah sebuah titik di Jalan Gatot Subroto. 

Setelah dilakukan pengecekan, saluran air di sana ditemukan ditutupi ubin cone block.

"Kalau ditutupi begitu, ya enggak bisa turun air. Setelah (cone block) kami angkat, ya air turun," ujar Ahok.

Ahok mengatakan, usai hujan berikutnya selesai mengguyur, lokasi genangan sempat berpindah ke Underpass Semanggi. Underpass Dukuh Atas juga sempat tergenang. 

Terakhir, tadi malam, giliran Underpass Pasar Gembrong yang tergenang.

Ahok menemukan inkonsistensi antara laporan yang diberikan kepadanya dan temuan langsung di lapangan. Ahok menerima laporan awal kabel yang mengaliri listrik ke-enam mesin pompa digigit tikus. 

Namun, berdasarkan laporan langsung petugas penjaga pompa, mesin pompa diketahui rusak setelah sempat diberi perawatan oleh teknisi Dinas Bina Marga DKI.

Atas dasar itu, Ahok mencurigai adanya upaya sabotase yang dilakukan oknum yang bertujuan untuk mematahkan klaimnya di media, yang menyatakan Jakarta tidak akan tergenang pada musim penghujan tahun ini.

"Saya yakin nanti bakal ada beritanya, bilang, 'Siapa bilang Jakarta enggak tenggelam?' Kemudian satu informasi mengenai daerah yang tergenang dikeluarin. Kan kurang ajar," ujar Ahok. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya