Pemilu Presiden 2009

Erman: Beri Layanan Pilpres Terbaik Bagi TKI

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno meminta panitia pemilu luar negeri (PPLN) memberikan pelayanan terbaik bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang hendak menunaikan hak politiknya.

"PPLN harus memberikan pelayanan terbaik bagi TKI apalagi sudah dimudahkan dengan bisa digunakannya paspor untuk mencontreng," kata Erman usai tiba dari Malaysia, di Jakarta, Selasa, 7 Juli 2009.

Sebelumnya diberitakan, Mahkamah Konstitusi mengizinkan penggunaan paspor bagi WNI yang belum masuk daftar pemilih tetap pemilihan presiden, 8 Juli 2009.

Mahkamah Konstitusi mengabulkan sebagian permohonan pemohon dalam pengujian UU No. 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang diajukan oleh Refly Harun dan Maheswara Prabandono di ruang sidang pleno oleh sembilan hakim konstitusi pada Senin, 6 Juli 2009.

Dalam sidang putusannya, MK mengabulkan sebagian permohonan mencakup warga negara yang tidak terdaftar dalam DPT dengan syarat dan dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukan KTP yang masih berlaku atau paspor yang masih berlaku bagi WNI yang berada di luar negeri.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah pemilih untuk Pemilu 2009 sebanyak 171.068.667 orang.

Jumlah tersebut berasal dari pemilih di dalam negeri dari 33 provinsi yang tercatat sebanyak 169.558.775 orang dan pemilih luar negeri dari 117 perwakilan Indonesia di luar negeri ada 1.509.892 orang.

Dari angka 1,5 juta tersebut sebagian besar pemilih dari TKI yang bekerja di Malaysia yakni sebanyak 800 ribu orang, Yordania sebanyak 6 ribu orang, Jeddah sebanyak 76 ribu orang, dan negara lainnya.


antique.putra@vivanews.com


-Jadi yang paling dulu tahu hasil Pilpres 2009! Ikuti Quick Count tercepat dan terakurat. Update tiap jam! Ketik REGHASIL kirim ke 9386. Tarif Rp 1.000 per SMS, untuk semua operator.
 
-Untuk mengenang kepergian Michael Jackson, aktifkan RBT Michael Jackson sekarang juga DI SINI

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024