Polisi Gadungan Ini Raup Ratusan Ribu dari Pungli

Sumber :
  • t2.gstatic.com

VIVA.co.id - MR (29) warga Garut, Jawa Barat, harus berurusan dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Balaraja, Banten. Lantaran, ia melakukan pungutan liar (pungli) dengan menggunakan seragam polisi kepada sejumlah sopir truk yang melintas di Jalan Raya Serang, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Hindari Kambing, Tiga Tewas saat Belajar Mobil
Penangkapan polisi gadungan tersebut dilakukan saat anggota dari Polsek Balaraja melakukan patroli di Jalan Raya Serang KM 24.
 
Livina Tercebur ke Kali akibat Pengemudi Salah Injak Pedal
Kapolsek Balaraja Kompol Mirodin membenarkan perihal penangkapan polisi gadungan berpangkat brigadir tersebut.
 
Pelajar Kota Tangerang Dilarang Rayakan Valentine
"Ya benar, kami amankan oknum polisi gadungan yang suka meminta uang kepada sopir truk yang lewat," kata Mirodin saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 6 Februari 2016.
 
Mirodin menambahkan, penangkapan berawal dari kecurigaan terhadap pakaian dinas brigadir bintara Polri, tetapi menggunakan ban lengan perwira dengan tulisan Patroli.
 
“Oknum itu mengaku sebagai Sabhara Polda Banten, tetapi tak bisa menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) miliknya," ujar kapolsek.
 
Dari pengakuan oknum polisi gadungan tersebut, lanjut Mirodin, diketahui jika penghasilan dalam seharinya bisa mencapai Rp500.000. "Biasanya, pelaku memberhentikan mobil yang membawa barang atau tanah dan meminta sejumlah uang kepada korbannya," ujarnya.
 
Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap oknum polisi yang meminta uang di jalan. Karena, ada pihak tertentu yang memanfaatkan kondisi dan seragam polisi sebagai kedok untuk mencari keuntungan. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya