SBY Kini Jadi Warga Bali

Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku saat ini menjadi warga Bali. Ia membuktikannya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

KTT G20 Sukses: Indonesia di Puncak Dunia?

SBY menyampaikan soal identitas tersebut dalam kuliah umum di Universitas Udayana (Unud). Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu mengaku jatuh cinta dengan keindahan Bali.

"Selama 10 tahun jadi Presiden, saya hampir setiap tahun tinggal di Tampaksiring. Artinya, saya sudah 50 kali tinggal di Tampaksiring," ujar SBY disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa Udayana Bali.

Kesal dengan PSI, Demokrat Minta Jangan Seret SBY

Pada kesempatan itu, SBY juga bercerita soal kenangan indahnya kala membuka Pesta Kesenian Bali (PKB). Meski mengaku lupa tahun berapa, tapi hal yang diingatnya adalah ketika satu kelompok peserta mementaskan karya garapannya. Begitu dipentaskan, SBY bercerita, tiba-tiba saja hujan lebat turun. Hampir seluruh penonton berhamburan mencari tempat berteduh.

"Saya berpikir, karya seni ini sudah dipersiapkan minimal setahun sebelumnya kalau kita tidak menghargainya hanya karena hujan turun, dan dalam kuasa Tuhan, hujan pun reda. Cuaca terang benderang dan akhirnya pengunjung kembali menikmati pementasan seni tersebut," ujarnya.

Bali Dibuka bagi Turis Asing Tanpa Karantina Disambut Antusiasme

Ia mengenang, selama 10 tahun memimpin negeri ini, tak sekalipun ia tidak menyempatkan diri membuka hajatan yang digelar sekali setahun itu. Hal itu dia lakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap seni dan budaya Bali. SBY juga menuturkan dalam waktu sekitar tiga atau empat tahun ke depan akan mendirikan 'SBY Center Galeri' yang akan berisi karya seni dari seluruh daerah di Indonesia.

"Saya berjanji dari seluruh koleksi benda-benda seni budaya nantinya, sebanyak 20 persennya berasal dari Bali. Nanti kalau Anda ada di Jakarta, pasti ada nuansa Bali di SBY Center Galeri tersebut," demikian SBY.

SBY di acara rapat pimpinan nasional Partai Demokrat 2022

Kekuatan SBY dan Ancaman Anas-Moeldoko

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dijadwalkan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2023