Susi Air Mengaku Tak Tahu Soal Isu Pasokan Avtur Ilegal

Sumber :
  • BPH Migas

VIVA.co.id - Sebuah diamankan kepolisian air Polda Jambi. Kapal motor bernama Harapan Baru dengan nomor lambung GT53 ini diketahui akan berlayar menuju Labo Singkep Kepulauan Riau.

Menteri Susi: 1 dari 3 Anak Kuntet, Padahal Kita Kaya Ikan

Dari pengakuan awak kapal, avtur ini akan digunakan untuk pesawat perintis Susi Air. Saat dimintai tanggapannya, Business Commercial Center Susi Air, Irvino S. Moniaga, mengaku tidak mengetahui untuk kebutuhan siapa avtur tersebut.

Sebab, menurut Irvino, pengadaan bahan bakar minyak pesawat dilakukan oleh perusahaan lain dan bukan ditangani oleh Susi Air.

"Kami hanya sebagai pengguna. Ada perusahaan lain yang mengadakan BBM. Susi Air tidak men-handling itu," kata Irvino saat dihubungi, Selasa 2 Februari 2016.

Menurut Irvino, maskapai Susi Air, khusunya untuk wilayah Labo Singkep, memang masih perintis. Karena itu, bahan bakar mereka masih mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Sebab itu, mekanisme distribusi BBM atau pun teknis pengadaannya, Susi Air tidak mencampuri hal tersebut. "Kami memang ada kebutuhan avtur. Tapi soal siapa dan bagaimana transportasinya kami tidak mengurusi itu," kata Irvino.

"Jadi, apakah ini BBM milik Susi Air? kami pastikan bukan," tambah Irvino.

Dilansir sebelumnya, Direktur Pol Air Polda Jambi Kombes Pol Bambang Yulius mengaku memang menahan sebuah kapal motor pengangkut bahan bakar untuk pesawat di Sungai Batanghari.

Dari pemeriksaan, avtur tersebut didapat dari PT Pertamina Depo Cabang Bandara Sultan Thaha Jambi.  "Operasional pengangkutan Avtur tidak sesuai dengan kapal yang digunakan. Kapal ini kapal angkutan ikan," kata Bambang.

Kini, guna pemeriksaan lebih lanjut, kapal yang dinahkodai oleh Agus Rusli tersebut masih diamankan kepolisian di Dermaga Dit Pol Air Polda Jambi. (ren)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pergoki Kapal Asing 'Ganti Baju' di Benoa

Kapal eks asing itu dimodifikasi seolah milik kapal nelayan Indonesia

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016