Antisipasi Virus Zika, Rumah Sakit Siapkan Ruang Isolasi

Virus Zika dalam foto yang dirilis CDC AS.
Sumber :
  • REUTERS/CDC/Cynthia Goldsmith/Handout via Reuters

VIVA.co.id - Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah mewaspadai adanya pasien yang mengidap virus Zika di wilayah Semarang dan sekitarnya. Antisipasi dilakukan dengan menyediakan puluhan ruang isolasi khusus untuk mencegah penyebaran virus yang menular lewat gigitan nyamuk Aides Aegypty tersebut.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Kariadi, Darwito, mengatakan, pihaknya menyediakan sebanyak 16 ruang isolasi khusus di RSUP Dr. Kariadi yang diperuntukkan jika ada pasien yang mengidap virus Zika.

"Ruang isolasi ini sengaja kami siapkan untuk memproses pembakaran negatif virus, sehingga virus Zika tidak menyebarluas. Kami siapkan ruang isolasinya di gedung Rajawali lantai 4," kata Darwito di Semarang, Senin, 1 Februari 2016.

Meski demikian, belum ada data yang masuk mengenai adanya pasien yang postif virus mematikan tersebut di RSUP Dr. Kariadi. Rumah sakit mulai mewaspadai penanganan pasien jika memang ada warga yang mengidap virus itu.

"Tapi, kita patut waspada. Apalagi kabarnya masuk di Indonesia. Dan virusnya bisa menular ke tubuh manusia lewat gigitan nyamuk aides aegypty seperti Demam Berdarah Dengue (DBD)," katanya.

Diketahui, virus Zika merupakan sejenis Flavivirus kelompok Arbovirus bagian dari virus RNA. Virus ini pertama kali merebak di Brasil dan Kolombia pada akhir Januari 2016. Virus yang diketahui menular melalui gigitan nyamuk aides aegypty ini belakangan dikabarkan telah masuk ke Indonesia. Biasanya nyamuk ini menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dongue.

Kemungkinan merambahnya virus Zika ini ke Indonesia sangat besar. Sebab, virus yang disebabkan nyamuk aides aegypty begitu cepat menyebar ke sejumlah daerah. Belum lagi, pada musim hujan seperti sekarang ini, kasus DBD telah mendominasi di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Oleh karenanya harus diteliti terlebih dahulu gejalanya agar bisa ditanggulangi melalui pemberian obat-obatan khusus untuk virus tersebut," tuturnya.

Ruang isolasi khusus pasien Zika di Lantai VI Gedung Rajawali RSUP Dr. Kariadi telah dilengkapi sejumlah fasilitas. Di antaranya, kamar mandi, CCTV, ruang pengantar pasien (Antrum), tabung oksigen, vacum, intercom hingga finger print.

Perusahaan AS Bantah Jadi Biang Virus Zika

Menurut informasi, jika ada pasien Zika, akan diisolasi hingga empat hari. Tapi, usai evaluasi penyakit dan dianggap tidak ada masalah maka boleh pulang.

Mobil murah Tata Motors, Zica

Gara-gara Virus Zika, Mobil Ini Ganti Nama Baru

Nama mobil ini diganti menjadi Tiago.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2016