Toyota Etios Valco di Indonesia Menanti Ajal?

Toyota Etios Valco versi facelift
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor
VIVA.co.id
Toyota Luncurkan Etios, Model Paling Gres
- Mobil compact hatchback dari Toyota, Etios Valco, saat ini mulai langka di pasaran otomotif Tanah Air. Sejumlah diler Toyota di Jakarta menyatakan, mobil yang diluncurkan di Indonesia sejak 2013 silam kosong stoknya. Setidaknya, hal itu tak cuma terjadi di Jakarta, kondisi serupa juga berlaku di daerah-daerah.

Etios Valco Langka, Toyota Tampik Setop Produksi

Dari banyak informasi yang beredar, kondisi ini merupakan indikasi Etios Valco di Indonesia akan setop produksi sekaligus pemasarannya mulai 2016 mendatang. Kendati demikian, hingga kini pihak Toyota Astra Motor (TAM), selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia masih menutup informasi rapat-rapat seputar hal tersebut.
Daftar 5 Merek Mobil Paling Laris, Toyota Menjauh


Menurut salah seorang sumber Toyota di Auto2000 yang dihubungi
VIVA.co.id
, kabar tersebut memang masih simpang siur. Namun gelagat ke arah sana memang kuat adanya.


"Stok di diler-diler memang kosong. Konsumen yang niat beli saja harus inden lama. Tetapi saat ini statusnya masih dijual," ujarnya, Selasa 29 Desember 2015.


Terkait rencana suntik mati Etios Valco di Indonesia, pihaknya mengaku masih belum bisa memastikan. Sejauh ini rumor dikatakannya memang ada. "Rumornya memang seperti itu, tetapi pernyataan resmi memang belum keluar dan disampaikan dari TAM," kata dia.


Dirinya mengakui, selama ini peminat dari Etios Valco memang tak banyak. Maka tak heran jika angka-angka penjualan yang disampaikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) soal Etios Valco kecil.


"Kalau penjualan di sini kami tak bisa sampaikan, tetapi memang tak banyak," katanya.


Merujuk data Gaikindo, penjualan Etios Valco periode Januari-November 2015 tercatat hanya terjual 5.137 unit. Setiap bulannya, mobil tersebut hanya mencatatkan angka penjualan rata-rata 500 unit. Bahkan pernah selama tiga bulan berturut-turut hanya terjual 100-an unit.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya