Donasi Bos Facebook Tak 100 Persen untuk Kegiatan Amal

Sumber :
  • Facebook

VIVA.co.id - Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg (31) dan istrinya Priscilla Chan (30) telah menjadi ayah dan ibu. Buah hati mereka, yang diberi nama Maxima Chan Zuckerberg atau dipanggil Max, telah lahir pada Selasa pukul 16.00 waktu setempat. 

Menyambut momen bahagia tersebut, dikutip dari Reuters, Selasa 2 Desember 2015, Zuckerberg bersama istrinya mengumumkan untuk memberikan 99 persen sahamnya pasangan tersebut di Facebook untuk membantu masyarakat dunia. Bos Facebook menuliskan, nilai 99 persen saham keduanya mencapai US$45 miliar atau Rp621 triliun.

Nilai saham tersebut didonasikan untuk proyek filantropi yang fokus pada meningkatkan kesetaraan dan potensi manusia.

Dalam surat menyambut kelahiran sang buah hati tersebut, Zuckerberg dan istrinya menegaskan perhatian dengan masalah seperti kesehatan, pendidikan, akses internet. Donasi kekayaan mereka itu kemudian dikelola dalam program Chan Zuckerberg Initiative, yang telah dihadirkan beberapa pekan sebelum kelahiran sang buah hati pasangan tersebut.

Proyek ini akan mulai fokus untuk menyembuhkan penyakit, koneksitivtas internet dan membangin komunitas dan pembelajaran pribadi.

Inisiasi donasi ini bukan hal yang baru bagi Zuckerberg. Saat dia berumur 26 tahun, pendiri Facebook itu sudah menandatangani program Gining Pledge, yang mengundang keluarga dan individu terkaya di dunia untuk berkomitmen memberikan setengah kekayannya untuk filantropi atau gerakan amal selama kehidupan mereka.

Langkah donasi bos Facebook di usia yang terbilang muda itu juga mengikuti langkah pendiri Microsoft, Bill Gates pada tahun 2000 lalu. Saat itu Gates yang berusia 45 tahun bersama instrinya Melinda Gates telah mendirikan yayasan yang diberi nama Bill and Melinda Gates Foundation.

Sontak inisiasi yang digulirkan oleh Zuckerberg dan pasangannya mendapat pujian dari berbagai pihak. Salah satunya dalah orang kaya dunia, Warren Buffett. Investor miliuner tersebut memuji langkah pasangan tersebut di Facebook.

"Sebuah kombinasi otak, semangat dan sumber daya pada skala ini yang akan mengubah kehidupan jutaan orang. Atas nama generasi masa depan, saya berterima kasih kepada mereka," tulis Buffett.

Pujian juga dilontarkan oleh Stacy Palmer, editor Chronicle of Philanthropy. Dia mengatakan inisiasi Zuckerberg dan istrinya bukan hanya sebatas nilai besaran donasi, tapi menurutnya yang menjadi perhatian adalah komitmen pasangan yang terbilang masih muda namun sudah perhatian dengan mendonasikan kekayaan mereka.

Palmer menyebutkan setiap tahun nilai donasi yang bergulir di Amerika Serikat mencapai sekitar US$350 miliar.

"Daftar pendonor top kami biasanya didominasi orang dengan usia 70-an dan 80-an. Tapi ini (inisiasi Zuckerberg) adalah sebuah pesan untuk kaum muda yang memutuskan melakukan sesuatu dengan kekayaan besar mereka," kata Palmer.

Suami Kim Kardashian Menanti Uang Rp13 T dari Bos Facebook

Tak 100 persen donasi

Tapi fakta lain menunjukkan donasi US$45 miliar bos Facebook dan istrinya itu tak seluruhnya dipakai untuk kepentingan amal atau badan amal.

Juru bicara Facebook mengonfirmasi kepada BuzzFeed News melalui email menegaskan, inisiatif itu disusun sebagai limited liability company (LLC), bukan sebagai sebuah badan amal.

Untuk diketahui, LLC merupakan badan hukum hibrida yang memiliki karakteristik perusahaan dan kemitraan.

Dalam pengajuan sekuritas Facebook, uang US$45 miliar itu akan dipakai untuk filantropi, advokasi publik atai kegiatan lainnya untuk kepentingan publik.

Nah salah satu kegiatan yang dimaksud adalah investai swasta.

Facebook merilis penyataan salah satu kegiatan yang dijalani Chan Zuckerberg Initiative yaitu mendanai organisasi non profit sampai membuat investasi swasta dan berpartisipasi dalam debat kebijakan.

Dalam setiap kegiatan itu, diharapkan bisa menghasilkan dampak positif dalam yang sangat kekurangan.

"Setiap keuntungan dari investasi dalam perusahaan akan dipakai untuk mendanai pekerjaan tambahan memajukan misi inisiasi tersebut," kata Facebook.

Kim Kardashian dan Kanye West diterpa isu cerai

Pengakuan Suami Kim Kardashian soal Utang Rp714 Miliar

West menjadi rajin membuat tweet penuh kontroversi.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2016