Jembatan Ambruk, Warga Bukit Tigapuluh Terisolir

Jembatan gantung tradisional di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA.co.id - Jembatan penghubung dusun dan desa di Bukit Tigapuluh Jambi ambruk diterjang banjir. Akibatnya ratusan warga yang hidup di kawasan taman nasional ini terisolir.

Rusaknya jembatan ini selain ditengarai oleh banjir, menurut warga karena memang kondisi badan jembatan yang sudah lapuk.

"Jembatan ini dibangun kalau tidak salah tahun 1980-an. Karena itu tak kuat lagi menahan terjangan ai," kata warga setempat, Wahab, Selasa 2 Desember 2015.

Kini, sebagian badan jembatan sudah terjatuh ke dalam jurang dengan kedalaman hingga 10 meter. Warga berharap perbaikan terhadap jembatan tersebut dapat dilakukan oleh pemerintah.

Sebab hal ini berkaitan dengan aktivitas ekonomi warga setempat. "Kami mohon pemerintah daerah segera memperbaiki. Kehidupan kami akan semakin susah nantinya," kata Wahab.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan kawasan perbukitan yang terbentang antara Provinsi Jambi dan Riau. Di dalam kawasan ini hidup ribuan warga yang tinggal mulai dari Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir Provinsi Riau. Untuk Provinsi Jambi ditempati warga dari Kabupaten Tebo dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Menko Puan Resmikan 10 Jembatan Gantung di Lebak

Bayu Alfarizi/Jambi

Jembatan gantung Ah Poong, Sentul, Jawa Barat

Bangun Jembatan Gantung, Pemerintah Siapkan Rp50 Miliar

Dibuat khusus bagi pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2016