Kebiasaan Lucu Bung Karno 'Bakar' Rambut Anaknya

Bung Karno bersama putrinya
Sumber :
  • VIVA.co.id / Dody Handoko

VIVA.co.id - Rachmawati Soekarnoputri, putra ketiga Bung Karno dari Fatmawati punya banyak kenangan manis tentang bapaknya. Salah satunya adalah kebiasaan Bung Karno di meja makan.

Curahan Hati Bung Karno yang Jadi Sasaran Pembunuh

Sarapan bersama putra-putrinya adalah hal yang wajib Bung Karno lakukan jika sedang tidak di luar Istana. Kisah ini diceritakan Roso Daras di buku Total Bung Karno.
 
Rachma selalu mengambil kursi di sisi meja sebelah kanan Bung Karno. Sambil sarapan, tidak seperti putra-putri yang lain, maka Rachma sangat intens mencermati cara makan bapaknya.

Darinya ia hafal betul, Bapak suka sayur-sayuran yang segar, menyenangi daging yang empuk, dan menyukai sambal yang digerus halus, serta tanpa biji cabai.
 
Selesai makan, seperti biasa, Bung Karno mengambil buah-buahan. Selalu dan tak pernah lupa, Bung Karno membagi buah yang dimakannya kepada putra-putrinya.

Menguak Ambisi Bung Karno Bangun Gedung Sarinah

Rachma paling sering mendapat jatah buah yang dimakan Bapaknya. “Pendek kata, dalam hal makanan, Bapak memperhatikan mutu,” ujar Rachma.
 
Terakhir, ritual merokok. Usai makan dan menyantap buah, Bung Karno mengambil rokok “triple 5” kaleng. Diambilnya sebatang, dinyalakan, dan asap pun berkepul-kepul.
 
Sampai pada tahap ini, Rachma masing sering memandangi Bapaknya. Karenanya, ia hafal betul, jarang sekali Bung Karno merokok sampai habis. Ia segera mematikan rokok saat rokok baru setengah terbakar.
 
Nah
, hisapan terakhir inilah yang sering disebulkan di ubun-ubun Rachmawati. Asap yang ditiupkan di rambut Rachma, tentu saja menyisakan kepulan asap dari atas kepala. Apalagi, putri-putri Bung Karno semua memanjangkan rambutnya. “Saya sangat senang kalau Bapak melakukan itu,” ujar Rachma.
 
Nah, setelah semua asap disemburkan ke ubun-ubun Rachma, biasanya sambil berdiri Bung Karno tertawa dan berkata, “Naaah, rambutnya kebakaran makanya selalu pirang seperti rambut jagung,” Bung Karno tertawa, Guntur, Mega, Sukma, dan Guruh pun terpingkal-pingkal.

Hasto Datangi KPK

Peran Penting Kerajaan Kotawaringin Bagi Kemerdekaan RI

Kerajaan Kotawaringin merupakan cikal bakal Provinsi Kalteng.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2016