Uji Kelayakan Capim KPK Digelar Pertengahan Desember

Komisi III DPR
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Komisi III DPR RI menggelar rapat pleno mengenai kapan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Senin 30 November 2015 malam.

Tentukan Ketua KPK, Komisi III DPR Kembali Gelar Voting

Dalam rapat pleno yang digelar tertutup, dihasilkan beberapa keputusan terkait kapan KPK akan mempunyai pimpinan yang baru. Ketua Komisi III DPR RI, Azis Syamsudin, mengatakan, hasil rapat pleno dan koordinasi fraksi-fraksi memutuskan untuk melanjutkan fit and proper test capim KPK.

"Dengan pertimbangan dan catatan-catatan kita lanjutkan. Mulai minggu ini ada pengumuman di media-media. Kemudian dilanjutkan pembuatan makalah kemudian kita verifikasi makalah itu kemudian kita putuskan untuk fit and proper test," ujar Azis usai rapat pleno dengan komisi III, di Gedung Parlemen DPR, Senayan. Senin 30 November 2015.

Pimpinan Baru KPK Terpilih, Johan Budi Tersingkir

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa, menuturkan, untuk pembuatan makalah akan dilakukan pada tanggal 4, 5 dan 6 Desember 2015. "Lalu pada tanggal 14, 15, 16 Desember fit and proper test sekaligus pemilihan Capim KPK," ujar Desmond.

Dipilihnya pertengahan bulan Desember sebagai waktu digelarnya fit and proper test Capim KPK, menurut Desmond, hal tersebut merupakan keputusan anggota fraksi danĀ  nyaris tanpa perdebatan.

Komisi III DPR Gelar Penghitungan Suara Capim KPK

"Semua fraksi sepakat menindaklanjuti buah kerja keras pansel secara bulat. Di komisi III itu, putusannya bulat," ujar politisi Partai Gerindra itu.

Sementara itu, Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP, Dwi Ria Latifa, mengatakan sebelum uji kelayakan dan kepatutan digelar, Komisi III meminta agara nama-nama Capim KPK yang lolos disebarluaskan melalui media massa. Kemudian, Komisi III mewajibkan seluruh capim KPK untuk membuat makalah.

"Kesepakatannya tetap lanjut. Semua sepakat bahwa ini tetap dilanjutkan, tahapannya kita tetap uji kelayakan. Tanggal 2, 3, 4 Desember pengumuman di media. Tanggal 4, 5, 6 Desember pembuatan makalah," tuturnya. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya