Jasad Pilot Tempur Sukhoi Segera Dikirim ke Rusia

Jet tempur Rusia
Sumber :
  • REUTERS/Stringer
VIVA.co.id
Erdogan Ke Kremlin, Buka Hubungan Baru dengan Rusia
- Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, mengatakan jasad pilot jet tempur Rusia, yang tewas ditembak segera dipulangkan ke Negeri Beruang Merah. Sesuai rencana, Turki akan memulangkan jenazah tersebut hari ini. 

Erdogan Mengaku Tak Sabar Bertemu Putin
Dikutip dari kantor berita Reuters, Minggu, 29 November 2015, tidak diketahui dengan jelas bagaimana jasad pilot itu ditemukan dan bisa dikirimkan ke Hatay yang terletak di bagian selatan Turki. Tetapi, atase militer Rusia akan ke sana sebagai bagian untuk menemukan jenazah. 

Erdogan Mau ke Moskow, Ingin Berbaikan Lagi dengan Rusia
Sebelumnya, kelompok pemberontak Turkmen mengaku menyimpan jenazah pilot tempur itu. Namun, tiba-tiba Turki bisa memiliki jasadnya. 

Sebelum diserahterimakan, jasad pilot tersebut telah diperlakukan sesuai dengan tradisi Ortodoks. Hubungan antara Turki dan Rusia kian memburuk, menyusul jet tempur Sukhoi ditembak hari Selasa kemarin. 

Davutoglu mengatakan, insiden penembakan itu bisa jadi akan terjadi di masa mendatang, kecuali dua koalisi berbeda saling berbagi informasi dan titik koordinat.

Baik Amerika Serikat dan sekutunya, termasuk Turki dan Rusia, sama-sama melakukan kampanye serangan udara melawan Islamic State of Iraq and al Sham (ISIS). 

Sementara itu, kedua negara dianggap sama-sama saling tuding terkait dengan kelompok militan tersebut. Namun, baik Rusia dan Turki, mengklaim sama-sama memerangi ISIS. 

Rusia bersama Presiden Bashar al-Assad, dituding oleh negara barat menggunakan kampanye udara ini untuk melanggengkan kekuasaan Assad. Sedangkan Turki, ingin agar Assad mundur, tetapi dituding Rusia mendukung kelompok pemberontak. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya