Kisah Tragis Gito, Sehat Lagi Usai Nyaris Jadi Mumi

orangutan
Sumber :
  • @metro.co.uk

VIVA.co.id - Seekor bayi orangutan bernama Gito membuat keajaiban, karena berhasil pulih secara perlahan, setelah ditemukan hampir menjadi mumi.

Dilansir Metro.co.uk, Gito pertama kali ditemukan di sebuah kotak kardus kotor di wilayah Kalimantan Barat, tepatnya di Desa Dukuh Giet di Kabupaten Simpang Hulu.

Ia, kemudian diselamatkan dan berangsur-angsur pulih, setelah mendapat perawatan tim medis satwa dari Inggris. Gito dirawat di klinik International Animal Rescue, atau Penyelamatan Hewan Internasional.

Hasil laporan medis menyatakan, Gito tidak bisa duduk sendiri dan menderita diare, serta kudis sarcoptic, sebuah penyakit kulit menular. Gito, kemudian diobati dengan minyak kelapa untuk mengobati kulitnya dan diberikan infus untuk menyembuhkan dehidrasinya. Saat ini, Gito sudah sehat dan dapat beraktivitas kembali.

Stres, Orangutan Ini Kerap Benturkan Kepalanya ke Lantai

Gito

"Melihat kondisi Gito saat ditemukan, ia benar-benar membuat kemajuan pemulihan yang sangat hebat. Tim kami di Ketapang, adalah ahli dalam mengobati orangutan yang terluka dan sudah banyak menyelamatkan orangutan dengan kasus yang sangat sulit," kata Alan Knight, kepala eksekutif di International Animal Rescue, Minggu 29 November 2015.

Ia menjelaskan, pihaknya selama berminggu-minggu telah mencoba menyelamatkan banyak orangutan yang terjebak dalam kebakaran hutan di Kalimantan. Dilaporkan bahwa banyak temuan bayi orangutan yang kehilangan induknya.

"Selama dua bulan, tim kami menyelamatkan 20 orangutan, beberapa di antara mereka adalah induk betina dengan anaknya, atau orangutan betina yang sedang hamil. Kini, mereka telah dilepaskan ke area hutan yang aman," ujar Knight. (asp)

Leonardo DiCaprio bercengkerama dengan orangutan.

Ke Aceh, Leonardo DiCaprio Bercengkerama dengan Orangutan

Lewat Facebooknya, dia mengajak semua orang memberi dukungan.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2016