Kisah Suami Temani Istri yang Lumpuh 56 Tahun

Du Yuanfa dan sang istri, Zhou Yuai
Sumber :
  • Shanghaiist
VIVA.co.id
Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan
- Kisah setia seorang pria yang mendampingi istrinya yang lumpuh selama 56 tahun, membuat netizen di Tiongkok terharu. Dua Yuanfa berasal dari kota Linyi, Provinsi Shandong, Tiongkok, dan memiliki seorang istri bernama Zhou Yuai. 

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan
Dikutip dari laman Shanghaiist, Sabtu 28 November 2015, Zhou diketahui mengidap suatu penyakit yang menyebabkannya lumpuh dan hanya bisa tidur di tempat tidur seumur hidup.

Tips Sukses Jalani Usaha Kecil dari Pengusaha Sepatu
Semua itu bermula, ketika Du yang saat itu masih bekerja di sebuah tambang, tiba-tiba menerima surat dari keluarganya. Dalam surat itu, Zhou disebut sedang sakit. 

Khawatir dengan kondisi istrinya, tanpa pikir panjang, Du bergegas meninggalkan pekerjaannya dan menemui Zhou di kampung halaman. 

"Penyakit yang diderita Zhou membuat dirinya sakit-sakitan dan berujung pada kelumpuhan. Padahal, itu terjadi lima bulan usai pernikahan kami," kata Du. 

Akibat penyakitnya itu, Zhou tidak bisa menggerakan punggung atau tangan. Dia juga harus dibantu, jika ingin pergi ke kamar kecil. 

Namun, Du tidak menyerah dengan keadaan. Dia mendatangi banyak rumah sakit untuk meminta penjelasan medis mengenai penyakit istrinya. Menurut semua sakit yang dia datangi, Zhou terpaksa harus berada di atas tempat tidur sepanjang hidupnya. Mereka juga tidak bisa memiliki keturunan. 

Ketika teman-teman dan keluarga Du memintanya untuk menceraikan Zhou, dia menolak dan memilih untuk tetap berada di sisi Zhou, serta merawatnya. Dia, bahkan rela kehilangan pekerjaan demi menemani istrinya yang tak mampu melakukan apa pun. 

Bahkan, Du rela mendaki gunung untuk mendapatkan ramuan herbal yang diduga bisa menjadi penawar dan menyembuhkan penyakit Zhou. Dia, bahkan mencoba terlebih dahulu ramuan itu, demi memastikan tidak memiliki kandungan yang beracun. 

Di saat musim panas, Du membantu memandikan Zhou agar tetap merasa segar dan ketika musim dingin, dia membawa Zhou ke tempat penuh sinar matahari untuk memperoleh kehangatan. Semua itu dilakukan selama 56 tahun. 

Penduduk sekitar yang mengetahui kisah Du dan Zhou merasa tersentuh. Sebab itu, mereka kerap memberi bantuan berupa pengobatan atau sembako. Pemerintah setempat juga memberikan jaminan kepada keduanya agar bisa memperoleh bantuan berupa makanan dan pakaian. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya