Pengusaha Rugi Ratusan Miliar Akibat Aksi Demo Buruh

Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Kalangan pengusaha menyayangkan aksi mogok yang dilakukan kalangan buruh. Mereka mengklaim merugi ratusan miliar akibat demo buruh ini.

Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone

"Aksi mogok yang dilakukan buruh di kawasan JIEP Pulogadung, Kawasan Berikat Nusantara Cakung dan Marunda, di kawasan Indo Taise, JIEP, di daerah Karawang, serta kawasan lainnya, membuat pengusaha menanggung kerugian yang sangat besar," kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, di Jakarta, Jumat, 27 November 2015.

Sarman mencontohkan, saat demo buruh berlangsung, salah satu pabrik di kawasan Berikat Nusantara Cakungmenderita kerugian sebesar US$4,5 miliar.

Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses

Sementara itu, di Karawang, produksi menurun sekitar 20 persen, karena perusahaan merelakan 50-100 orang buruhnya untuk ikut aksi mogok agar terhindar dari aksi sweeping. Diperkirakan, setiap pabrik bisa merugi sekitar US$3-5 miliar per hari.

"Walaupun kami belum mendapatkan angka yang pasti, tapi kerugian dunia usaha kami perkirakan mencapai Rp500 miliar akibat aksi mogok ini," jelas Sarman.

Tips Sukses Memulai Bisnis Coklat Manis Rumahan

Sarman mengatakan, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah di depan mata. Pengusaha pun meminta, agar para pengurus serikat pekerja perlu berpikir ke depan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitasnya, agar daya saingnya meningkat dan bisa bersaing dengan pekerja ASEAN.

"Kami sangat khawatir, kalau serikat pekerja kita masih dengan cara demo untuk memperjuangkan aspirasinya, akan kalah bersaing dengan pekerja dari negara tetangga. Dan pekerja kita akan menjadi penonton di negeri sendiri," ujar Sarman. (ase)

Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Pengacara terdakwa menduga tidak ada pemeriksaan sebagai dasar BAP.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016