Nabung Pakai Saham, Bagaimana Caranya?

Empat saham yang bisa dicermati antara lain BRI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mengampanyekan budaya menabung saham melalui program "Yuk Nabung Saham" guna mendorong pengembangan pasar modal nasional. 

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
Lewat program tersebut diharapkan dapat meningkatkan investor dan membangun kesadaran masyarakat untuk berinvestasi.

Sindiran Menkeu Sri ke Wajib Pajak di BEI
Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan, mengatakan, pada pertengahan Desember 2015 akan dilakukan ekspo bertema "Yuk Nabung Saham" di gedung Bursa Efek Indonesia. 

Sementara itu, di daerah, BEI berupaya menggandeng masyarakat dari nelayan sampai perguruan tinggi.

"Semacam expo, teman-teman perwakilan juga bergerak mengikuti, beberapa sudah masuk programnya nelayan. Awal Desember kami sudah masuk 'Yuk Nabung Saham' dengan mahasiswa. Salah satu perguruan tinggi di Jateng akan memulai 'Yuk Nabung Saham' untuk mahasiswa, 1.500 mahasiswa," ujar Nicky, di gedung BEI Jakarta, Jumat, 27 November 2015.

Nicky kembali mengimbau agar masyarakat berpikir bahwa menabung bukan hanya menyimpan uang di bank, namun juga bisa berupa saham. 

Hal tersebut sama dengan menyisihkan uang untuk berinvestasi emas di Pegadaian, di mana manfaat hasilnya dapat dirasakan di kemudian hari.

Program "Yuk Nabung Saham" merupakan inisiatif BEI yang salah satunya mengubah paradigma masyarakat jika menabung tidak hanya di bank.

"Karena kebiasaan atau pemikiran kita, nabung kesannya ke bank. Padahal, kalau bank nabungnya uang. Tapi, kan nabung bukan monopoli bank," tuturnya.

Sebagai informasi, program "Yuk Nabung Saham" diluncurkan pada 12 November 2015. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang waktu itu meresmikan mengatakan, ukuran kesejahteraan masyarakat dapat dinilai dari banyak sisi, seperti penghasilan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan lainnya. Namun, salah satu acuan yang tepat adalah investasi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya