Ruhut: Beli Helikopter untuk Jokowi Harus Hemat Anggaran

Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Rosa Panggabean
VIVA.co.id
Panglima TNI: Pembelian Heli AW101 Bukan Batal, Tapi Ditunda
- Pemerintah akan membeli helikopter baru untuk digunakan Presiden dan Wakil Presiden. Helikopter jenis Agusta Westland (AW)-101 lebih dipilih walaupun PT Dirgantara Indonesia (PT DI) memiliki helikopter yang sama canggihnya.

Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul menilai pembelian pesawat buatan Italia-Inggris itu lebih dikarenakan faktor keamanan yang lebih terjamin ketimbang helikopter jenis baru buatan PT DI.

TNI AU Terima Keputusan Jokowi Batalkan Pembelian AW-101

"Untuk RI 1 itu harus mesti betul-betul aman," kata Ruhut ketika dimintai pendapat, Kamis 26 November 2015.

Namun Ruhut mewanti-wanti agar pembelian pesawat dari Italia-Inggris ini juga hemat anggaran. Apalagi katanya Jokowi juga selalu mencitrakan dirinya sebagai orang sederhana.

Jokowi Batal Beli Helikopter AW 101

"Bapak Presiden menginginkan penghematan anggaran," ujarnya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, helikopter AW-101 lebih canggih dari Super Puma yang digunakan saat ini. Meski tidak menjelaskan spesifik dan harganya, namun helikopter VVIP ini antipeluru. Namun Pramono membantah, jika tunggangan anyar Presiden dan Wapres ini mewah.

"Yang jelas kalau untuk VVIP ya standar VVIP. Standar VVIP itu yang diutamakan keselamatan, jadi bukan kemewahan-kemegahan," ujar Pramono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya