Ini Negara-negara yang Siap Dikirimi Innova Buatan Karawang

Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA.co.id - Sehari setelah resmi diluncurkan, All New Kijang Innova langsung menggelar The All New Kijang Innova Line-Off Ceremony di Pabrik Karawang 1 Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang Barat, Jawa Barat, Selasa 24 November 2015.

Selain dijual di pasar domestik All New Kijang Innova juga diekspor ke-70 negara lain, di antaranya Thailand, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Qatar, Afrika Selatan, Amerika Latin, Karibia, dan negara-negara lainnya.

Menurut Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Cahyono, setidaknya untuk model Kijang Innova lama, Toyota telah melakukan ekspor sebanyak 1.500 unit perbulan.

"Saat ini (All New Kijang Innova) kami baru akan memenuhi demand domestik dahulu antara 4.000-5.000 unit perbulan. Itu akan kita penuhi dahulu. Setelah itu baru akan kami ekspor," ungkap Warih.

Warih juga menyatakan, sebelum All New Kijang Innova resmi diluncurkan, permintaan mobil keluarga tersebut sudah ditunggu-tunggu termasuk permintaan dari beberapa negara terutama di kawasan Asia dan Timur Tengah.

Akan tetapi, kata Warih, TMMIN belum bisa memenuhinya dan baru akan melakukan ekspor mobil buatan MPV buatan Karawang itu ke negara-negara yang sudah menjadi langganan. "Kami akan evaluasi, apakah peningkatannya bisa diperluas ke pasar lain. Nanti disesuaikan lagi,” ujarnya.

Warih juga menjelaskan, sejak 1977 hingga saat ini, setidaknya TMMIN telah memproduksi Kijang (vehicle/penumpang) sebanyak 1,82 juta unit.

Diketahui, saat ini All New Kijang Innova memasuki generasi keenam. Di Indonesia, mobil ini tersedia mesin bensin dan diesel yang dilengkapi transmisi manual dan matik. Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, setidaknya terdapat tiga varian, mulai dari "G", "V" dan "Q".

Soal harga, All New kijang Innova dijual paling murah yaitu tipe G MT (gasoline) Rp282 juta dan termahal  tipe Q AT (diesel) Rp423,8 juta.

Baru Sebulan Meluncur, Innova Terbaru 'Meledak' di Pasaran

Selanjutnya>>>Kualitas Innova ekspor...

Kualitas Innova ekspor

Sementara itu, menurut Wakil Presiden Eksekutif Toyota Motor Corporation, Seiichi Sudo, meski dibuat Toyota Indonesia melalui PT TMMIN, mobil yang diekspor merupakan produk yang memiliki kualitas global.

Seiici juga menyatakan, ketika TMC meluncurkan proyek Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV), diputuskan bahwa Toyota Indonesia harus memainkan peran inti dalam proyek tersebut.

“Saya meyakini bahwa kesempatan yang TMC berikan kepada Toyota Indonesia tidak salah karena Toyota Indonesia telah berulang-kali membuktikan kapabilitas untuk memproduksi kendaraan berkualitas global," ungkap Seiichi.
 
Pengembangan Kijang sendiri masuk dalam proyek IMV sejak generasi kelima atau dikenal dengan Kijang Innova. Bersama Hilux dan Fortuner, Kijang menjadi salah satu produk Toyota dengan platform global. Ini memberikan peluang kepada Kijang untuk memiliki akses yang lebih luas kepasar manca negara atau global.

Kijang sendiri merupakan model pertama yang diekspor Toyota Indonesia pada 1987 dengan volume sekira 500 unit per tahun ke negara-negara di ASEAN dan Pasifik.

Kini, Kijang Innova menjadi salah satu tulang punggung ekspor Toyota Indonesia. Selama lima tahun terakhir, ekspor utuh Kijang Innova rata-rata mencapai 16.000 unit per tahun ke sejumlah negara.

Hendak Beli Innova Diesel? Silakan Tunggu Dua Bulan

Bocoran Innova Versi Racing, Siap Meluncur di Indonesia

Mobil ini akan meluncur di Indonesia tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2016