Cara Bikin Motor Tak Gampang Berkarat

Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id - Musim hujan telah tiba. Saatnya pemilik kendaraan lebih memerhatikan sepeda motor yang digunakan. Akibat terkena air, beberapa komponen motor dapat mudah berkarat apabila tidak segera dibersihkan.

Menurut Ade Rohman, Assistant Manager Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) --distributor sepeda motor Honda Jawa Barat--, pemilik kendaraan harus melakukan kegiatan ekstra di musim hujan. Sebab, meski sedikit kuras tenaga atau uang jika mencuci di pencucian umum, tetapi perawatan sepeda motor dapat terjaga.

"Tentu cara-caranya yakni melakukan pembersihan atau mencuci, mengeringkan dengan mengelap atau menyemprot dengan angin dan kemudian lakukan pelumasan kepada komponen yang bergesekan atau bergerak, supaya tak berkarat," ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 24 November 2015.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Agar mesin tetap optimal, Ade menyarankan pemilik kendaraan untuk tetap menjaga bagian kelistrikan motor, dengan menghindari genangan air saat berkendara.

"Hindari genangan air serta banjir yang dapat merendam sebagian atau seluruh bagian mesin serta elektrik. Sedangkan untuk merawat, periksalah tutup oli mesin dari kebocoran, dan apabila sudah kejadian, cukup ganti seal olinya saja," kata dia.

"Selain itu, periksa juga tutup busi dari kebocoran yang mengakibatkan korsleting, cek juga kabel body dari pengelupasan atau kemasukan air. Caranya dengan mengeringkan seperti dilap atau disemprot angin bertekanan. Untuk motor matik, periksa juga akinya," kata dia.

Berikut tips biar motor tak gampang berkarat:

- Apabila kotor atau habis terkena hujan, segeralah cuci motor dengan menggunakan air yang tidak mengandung zat garam. Hal ini untuk menghindari karat pada bagian yang mengkilap seperti velg, setang, mesin, dan knalpot.

- Jangan memakai deterjen, sampo dan pembersih lain yang bukan ketentuannya, karena pembersih tadi sifatnya panas dan dapat membuat warna pada dek/tebeng menjadi pudar luntur.

- Lumasilah bagian yang mengkilap seperti velg, knalpot, mesin dan lainnya. Caranya campur solar dengan oli kemudian usap-usapkan dengan mengunakan kuas. Lakukan hal ini minimal seminggu sekali.
Khusus knalpot, minimal dua minggu sekali. Olesi lubang knalpot dengan sedikit oli agar tidak terjadi pengeroposan pada bagian dalam knalpot.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016