Ajukan Kredit Multiguna, Apa Saja yang Bisa Diagunkan ?

Ilustrasi perhitungan kredit.
Sumber :
  • Duitpintar.com
VIVA.co.id
Alasan Mengapa Harus Segera Lunasi Utang
- Orang-orang sering tergiur untuk mendapatkan kredit multiguna saat membutuhkan dana pinjaman, karena fasilitas yang ditawarkan. Tapi banyak yang masih bingung, apa saja yang bisa jadi jaminan kredit multiguna?

Ini Gambaran Indahnya Hidup Tanpa Utang
Kredit multiguna, alias pinjaman dengan jaminan adalah salah satu jenis layanan pinjaman pribadi dari lembaga keuangan. Satunya lagi adalah kredit tanpa agunan (KTA). Jenis kredit ini bisa dipakai buat beragam kebutuhan. Misalnya untuk usaha, membiayai renovasi rumah, dan lain-lain.

Cara Menghemat Pengeluaran Sekolah Anak-anak
Jadi, agunan atau jaminan adalah hal yang pokok dalam kredit multiguna. Karena itu, sebelum mengajukan permohonan kredit multiguna, kita perlu tahu apa saja yang diterima sebagai jaminan kredit multiguna.


Memang, belum ada patokan khusus buat menentukan apa saja yang bisa diberikan ke lembaga itu sebagai jaminan kredit multiguna. Tetapi, secara umum jaminan itu harus memenuhi beberapa syarat:

- Punya nilai ekonomis, alias dapat dinilai dengan uang dan diuangkan.
- Bisa dialihkan kepemilikannya.
- Punya nilai yuridis, atau penjaminannya diatur sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Jadi, bank punya landasan hukum buat mengambilnya sebagai agunan.

Contoh aset yang biasa dijadikan jaminan kredit tanpa agunan ke bank antara lain:

1. Properti

Properti di sini mencakup bangunan dan tanah. Tetapi, bukan lantas kita memberikan rumah/pabrik/ruko/bangunan lain kepada bank untuk mendapatkan kredit multiguna. Cukup berikan sertifikat bangunan itu.

Bank akan mengirim tim survei untuk mengecek properti yang kita agunkan. Penilaian tim survei akan memengaruhi jumlah kredit multiguna yang bisa cair. Jadi, bisa saja harga pasaran rumah kita Rp500 juta, tetapi ternyata tim penaksir harga menyatakan harganya cuma Rp400 juta.
 
Plafon kredit multiguna berupa properti emang lumayan besar, bisa sampai Rp2 miliar dengan tenor hingga 10 tahun. Tetapi, tergantung taksiran harga rumah yang dijaminkan.


2. Kendaraan

Kendaraan juga bisa dijadikan jaminan kredit multiguna. Tetapi, bank umumnya menetapkan batasan kendaraan yang boleh dijaminkan hanya yang usianya di bawah 10 tahun. Ada pun yang diberikan ke bank biasanya BPKB.

Jumlah pinjaman dengan jaminan kendaraan bergantung pada nilai kendaraan itu. Kalau mobil seharga Rp200 jutaan, kredit yang cair bisa sampai Rp100 juta dengan tenor rata-rata tiga tahun.

Tenor kredit multiguna dengan agunan berupa kendaraan memang relatif singkat. Soalnya, nilai kendaraan bakal turun terus dari tahun ke tahun.

3. Mesin pabrik

Mesin pabrik sering dijadikan jaminan kredit multiguna oleh pengusaha. Bank bakal menilai umur dan kualitas mesin untuk menentukan nilai kredit yang bisa cair.

Tetapi, biasanya kredit dengan jaminan mesin pabrik mencapai miliaran rupiah. Dana segar ini sering dijadikan tambahan modal dan memperluas usaha pebisnis.


4. Aset tak berwujud

Aset tak berwujud ini misalnya surat berharga, atau obligasi dan saham. Misalnya kita mengajukan saham, bank akan menilai saham itu, termasuk perusahaan yang sahamnya kita jaminkan dan kondisi pasar saham.

Aset berupa saham bisa dijaminkan asalkan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Selain itu, peringkat investasinya gak jeblok. Deposito juga bisa jadi jaminan. Nantinya, yang diberikan ke bank adalah bilyet deposito tersebut. Selama kredit belum lunas, deposito gak bisa kita utak-atik.

5. Emas

Kita juga bisa menjaminkan emas. Tetapi, yang menerima adalah bank syariah karena bank konvensional enggak bisa menerima jaminan berupa emas berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 9 Tahun 2007.

Kalau menjaminkan emas, berarti kita memberikan emas itu ke bank. Bukan sertifikat, atau malah nota pembelian ya.

Lima aset di atas sering dijadikan jaminan kredit multiguna. Kalau modal KTP doang, berarti enggak bisa? Bisa, tetapi enggak semua bank mau menerima.

Ada satu bank yang mau nerima jaminan berupa KTP plus KK di Indonesia. Namun, hanya pengecer/retailer yang bisa menerima pinjaman. Maksimum dana yang bisa dipinjam sebesar Rp50 juta.


Lalu, kalau jaminannya barang elektronik? Hingga kini, belum ada bank yang bisa nerima. Tapi enggak perlu khawatir, kita bisa menuju Pegadaian.

Seperti disebutkan di atas, kredit multiguna disediakan lembaga keuangan. Pegadaian juga termasuk lembaga keuangan. Selain elektronik, Pegadaian menerima kendaraan, emas, dan perhiasan sesuai dengan ketentuan.

Mau pilih jaminan yang mana, terserah. Asalkan sesuai sama kebutuhan dan kemampuan finansial. Yang penting, usahakan hindari rentenir. Soalnya, rentenir bukanlah lembaga keuangan. Mereka tidak diatur oleh undang-undang, jadi bisa seenak jidat nentuin aturan sendiri.


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya