Kebakaran Hutan di Garut Dekati Pemukiman

Kebakaran Hutan di Garut
Sumber :
  • Diki Hidayat/ Garut VIVA

VIVA.co.id - Kebakaran hutan merambah Garut. Apinya semakin mendekati pemukiman warga.

Kepala Desa Dianiaya Polisi, Kantor Polsek Nyaris Dibakar

Jarak kobaran api dengan pemukiman warga terus mendekat hingga mencapai sekitar 500 meter ke Kampung kancil dan Kampung Karoya Girang. Kebakaran di Gunung Pasir Angin, blok Lamping, Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut Jawa Barat.

Menurut Kepala Seksi Rehab dan Rekontruksi, Badan Penanggulangan Derah (BPBD) Garut, Dudi Iskandar, petugas BPBD Garut, pihak Kepolisian dan TNI, serta masyarakat sekitar terus berupaya memadamkan api yang masih membesar dengan alat seadanya.

"Titik api berada tepat di puncak gunung, jarak dengan pemukiman warga hanya sekitar 500 meter," ujar Dudi, Sabtu 10 Oktober 2015.

Ada beberapa titik api di lokasi kebakaran dan yang paling luas berada di lahan milik warga dan sebagian lagi milik Perhutani.

"Sebagian besar lahan yang terbakar di lahan pertanian warga," katanya menambahkan.

Kebakaran tersebut, diduga terjadi akibat faktor alam, yaitu adanya gesekan pepohonan, sehingga menimbulkan percikan api. Kondisi api semakin membesar akibat angin bertiup cukup kencang.

"Meluasnya kebakaran akibat tiupan angin kencang, terlebih saat ini musim kemarau panjang," ujarnya.

Hingga malam tadi, pihak BPBD Garut merilis, luas hutan di Kabupaten Garut yang terbakar mencapai 500 hektare. Wilayah yang terbakar, di antaranya sekitar gunung Papandayan, Guntur, Cikuray dan gunung Pasir Angin. (asp)

Ganjar saat menunjukkan lokasi pembunuhan.

Gara-gara Uang Rp30 Ribu, Tukang Ojek Ini Cekik Istrinya

Sang istri dicekik hingga tewas.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016