RI Izinkan Freeport Lanjutkan Beroperasi di Papua Usai 2021

Sumber :
  • ANTARA/ Spedy Paereng
VIVA.co.id
Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020
- Pemerintah menyepakati kelanjutan beroperasinya PT Freeport Indonesia di kompleks pertambangan Grasberg, Mimika, Papua. Pemerintah merestui perusahaan tambang multinasional ini beroperasi lagi setelah tahun 2021.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, mengatakan besarnya investasi yang digelontorkan Freeport Indonesia komitmennya, memberikan manfaat bagi Indonesia dan menjadi sebuah pertimbangan kesepakatan. Termasuk, meningkatnya nilai royalti, pengolahan dan pemurnian di dalam negeri, divestasi, serta konten lokal.
Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?


"Kami menyambut baik kelanjutan investasi Freeport di Papua, yang akan meningkatkan perekonomian lokal dan nasional," kata Sudirman di Jakarta, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 10 Oktober 2015.


Dia melanjutkan bahwa pihaknya meyakinkan perusahaan asal Paman Sam: Pemerintah akan menyetujui perpanjangan operasi setelah 2021, termasuk kepastian hukum dan fiskal yang terdapat pada kontrak karya.


Sementara itu, Direktur Freeport-McMoran Inc, James R. Moffet, sumringah terhadap kesepakatan ini.


"Kami sangat senang dengan jaminan kepastian hukum dan fiskal dari pemerintah Indonesia. Kami berharap, melanjutkan kemitraan dan rencana investasi jangka panjang kami untuk memajukan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan perekonomian di Papua," kata Moffet. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya