Mau Kredit Apartemen, Wajib Tahu Empat Hal ini

Ilustrasi apartemen.
Sumber :
  • Rumahku.com
VIVA.co.id
Pentingnya Investasi Properti Sejak Muda, Ini Alasannya
- KPA atau Kredit Kepemilikan Apartemen merupakan program yang ditawarkan oleh sejumlah bank tertentu bagi seseorang yang ingin membeli atau menyewa apartemen. Sistemnya pun sama seperti kebanyakan kredit lainnya yang berupa angsuran dicicil dalam jangka waktu tertentu. 

Ketika Mal Tua Disulap Jadi Apartemen Mungil
Dalam hal pengajuan KPA, tak sembarang orang mendapatkan kredit ini, mengingat harga apartemen yang sangat mahal. Namun, jika Anda termasuk orang yang dapat menjalankan kredit untuk membeli atau menyewa satu unit apartemen, ada baiknya mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan agar pengajuan KPA Anda disetujui oleh pihak bank.

Perlu Aturan Jelas Beli Properti Langsung dari Repatriasi
1. Biaya uang muka 30 persen

Setiap nasabah yang akan melakukan kredit pemilikan apartemen di suatu bank yang memiliki layanan KPA di dalamnya, wajib menyediakan biaya uang muka sebesar 30 persen dari harga jual bangunan. 

Hal ini merupakan ketetapan yang berasal dari Bank Indonesia untuk menjaga sistem keuangan dan memperkuat ketahanan perbankan sesuai dengan prinsip kehati-hatian.

2. Biaya tambahan

Selain uang muka sebesar 30 persen, ada tambahan dana lain yang perlu Anda persiapkan, seperti biaya notaris, provisi dan biaya asuransi. Biaya notaris umumnya berupa biaya perjanjian kredit, biaya akta pembebanan hak tanggungan (APHK), biaya akta jual-beli dan biaya cek sertifikat.

3. Dokumen

Agar pengajuan kredit Anda disetujui oleh pihak bank, jangan lupa menyertakan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi. 

Dokumen tersebut antara lain Surat Izin Mengemudi  (SIM), Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Paspor. Selain itu, isi dengan lengkap form registrasi yang berisikan data diri Anda sebagai pengaju kredit. Setiap bank memiliki format formulir pengajuan yang berbeda-beda.

4. Simulasi KPA

Beberapa bank biasaya menyediakan fasilitas simulasi KPA bagi seluruh nasabahnya. Simulasi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai apa saja biaya yang dibebankan oleh pihak bank kepada nasabah, beserta besar bunga dan angsuran total yang perlu dibayarkan. 

Sehingga nasabah tidak merasa bingung atau menebak-nebak berapa biaya awal yang dibutuhkan.


Rumahku.com

Cari informasi jual beli, rumah dijual, sewa apartemen dan iklan rumah dijual? Klik Rumahku.com! Kunjungi dan pasang iklan properti Anda sekarang juga. Gratis!
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya