Ahok: Jakarta Paling Siap Buat Kartu Identitas Anak

Ahok di tengah anak SD
Sumber :
  • Fajar GM/VIVA

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan provinsi DKI Jakarta adalah provinsi yang paling siap menyambut rencana Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk usia 0 - 17 tahun. Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan, Jakarta adalah provinsi yang memiliki catatan kependudukan yang terbilang baik.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Tidak hanya untuk penduduk dewasa yang memang perlu dibuatkan KTP, namun juga untuk anak usia sekolah untuk kebutuhan pencatatan data pelajar, hingga anak usia dini untuk kebutuhan pencatatan di akta kelahiran.

"Kalau mau begitu (membuat KIA) mah bagus aja, bebas aja lah. Kalau mau begitu, saya bilang Jakarta yang paling siap," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Rabu, 7 Oktober 2015.

Seperti diketahui, Kemendagri berencana menerbitkan KIA untuk anak berusia 0 hingga 17 tahun pada tahun mendatang. Penerbitan KIA pada tahap awal akan dilakukan di 50 kota/kabupaten. Pada tahun 2017, KIA direncanakan menjadi program nasional sehingga setiap anak yang berkewarganegaraan Indonesia memiliki kartu tersebut.

Pembuatan KIA dilakukan untuk memenuhi hak konstitusi anak atas identitas. Pembuatan KIA, juga dilakukan untuk memudahkan anak mengurus berbagai hal seperti rekening bank, mendaftar sekolah, atau mengurus kebutuhan berobat di Puskesmas. (ren)

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016