Pemerintah Harus Berikan Pendidikan Edukatif Mengolah Lahan

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :
VIVA.co.id
Riau Kembali Alami Musim Kemarau
- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid memberikan tanggapan soal pembakaran lahan yang menyebabkan kabut asap di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Indonesia Targetkan 2 Juta Hektare Gambut Dipulihkan

Menurutnya pemerintah harus memberikan pendidikan dan pengertian yang baik kepada masyarakat agar bisa menggunakan teknologi dengan baik.
Bom Sarinah, Ketua MPR Nilai Aparat Tak Kecolongan


Hidayat mengatakan, persoalannya bukan siapa yang membakar atau kebakaran, tapi bagaimana perhatian kita terhadap hutan dan lahan pertanian.


“Pemerintah harus memberikan pengertian kepada perusahaan. Untuk petani ajarkan cara yang baik untuk membersihkan lahan dan jelaskan apa dampaknya jika membakar lahan tersebut,” ujar Hidayat, di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Rabu 7 Oktober 2015.


Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa banyak yang bisa dilakukan mahasiswa disaat kondisi kabut asap bergejolak.


Sebagai kaum muda, ujar Hidayat, tentunya banyak sumbangsih yang bisa diberikan seperti melakukan penggalangan dana, mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan dan menangani kasus ini secara tuntas.


“Ada hal yang perlu dikritisi terkait sikap Malaysia dan Singapura terhadap negara kita, ketika diberi asap rebut, tapi sebelumnya diberi kebebasan tidak pernah berterimakasih,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya