Menanti Paket Ekonomi, Dolar Lemes ke Level Rp13.700

dolar sorot
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Keperkasaan dolar Amerika Serikat, terhadap mata uang negara lain, khususnya rupiah kian melemah. Jelang pengumuman paket kebijakan jilid III, atau paket Oktober sore ini, peguatan rupiah seakan tak terbendung. 

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
Dilansir dari Reuters, Rabu 7 Oktober 2015, dolar pada perdagangan hari ini terus melemah pada titik terendah di level Rp13.700. Meskipun tidak berlangsung lama, hingga 16.30 WIB dolar kembali sedikit menguat tipis di level Rp13.770.

Rupiah Masih Tertatih-tatih untuk Kembali Menguat
Namun, jika dibandingkan dengan posisi tertinggi pada pembukaan perdangangan hari ini, yaitu di level Rp14.160, masih mengalami pelemahan.    

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, loyonya dolar AS membuktikan bahwa penguatan sebelumnya murni karena spekulasi pasar keuangan. Tidak mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia yang sebenarnya. 

Dia berpendapat, penguatan rupiah ini ini juga membuktikan bahwa pelaku bisnis sudah mulai mempercayai upaya penanganan perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia saat ini.

Serangkaian perubahan kebijakan, atau deregulasi yang dilakukan cermin bahwa pemerintah serius dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi yang terjadi. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya