Ikut Tercemar, Thailand Siap Bantu Indonesia Atasi Asap

Kabut asap di Payakumbuh, Sumatera Barat.
Sumber :
  • Warga Payakumbuh, Eka.

VIVA.co.id - Pemerintah Thailand membuka kesempatan kepada pemerintah Indonesia untuk melakukan pertemuan bilateral dan membahas soal asap.

AS Peringatkan Warganya Agar Berhati-hati di Thailand

Kabut asap akibat kebakaran hutan di Indonesia  kini telah melanda Thailand dan mencemari dua daerah tujuan utama wisatawan, Phuket dan Hatyai.

"Tahun ini, asap ini lebih serius dibanding tahun-tahun sebelumnya. Saya telah menginstruksikan kepada Kementerian Luar Negeri untuk mendiskusikan dengan Indonesia soal masalah ini dan bagaimana mereka akan menyelesaikannya," kata Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dalam sebuah konferensi pers yang digelar usai pertemuaan mingguan kabinet, Selasa, 6 Oktober 2015.

Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai mengatakan, Thailand siap bergabung untuk melakukan diskusi untuk menangani asap jika mereka diundang.

"Jika ada pembicaraan, itu pasti akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah (asap)," katanya seperti dikutip dari kantor berita Malaysia, Bernama, Selasa, 6 Oktober 2015.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum mengetahui apakah ada inisiatif untuk membicarakan masalah asap ini dengan Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Referendum konstitusi Thailand

40 Juta Pemilih Akan Ikut Referendum di Thailand Hari Ini

Mereka akan ditanya apakah menyetujui rancangan konstitusi baru.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016