Facebook Siapkan Satelit Internet untuk Afrika

Mark Zyckerberg di Mobile World Congress di Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Jejaring sosial Facebook benar-benar menunjukkan komitmennya untuk membuat semua warga dunia terhubung. Setelah Internet.org, Facebook mengumumkan sedang membuat satelit pertama yang akan menyediakan akses internet untuk pedalaman Afrika.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Hal ini diungkap CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dalam postingan di akun Facebooknya. Dia berharap satelit pertama akan bisa diluncurkan pada 2016 nanti, bekerja sama dengan penyedia internet berbasis di Prancis, Eutelsat.
VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook


"Kami terus bekerja untuk membuat seluruh dunia terhubung, meskipun ini artinya harus menggarap dari atas planet," ujar Zuck, seperti dikutip dari
BBC
, Selasa, 6 Oktober 2015.


Diakui Zuck, proyek ini merupakan bagian dari Internet.org, yang sempat mendapatkan kritik di beberapa negara. Inisiatif ini benar-benar ditujukan untuk memberikan layanan akses internet yang terjangkau.


"Selama beberapa tahun, Facebook telah mengeksplor berbagai cara, mulai dari penggunaan drone sampai satelit, untuk memancarkan akses internet ke komunitas dari atas langit. Untuk menghubungkan orang-orang yang hidup di wilayah pedalaman, infrastruktur tradisional akan sulit dibangun dan sangat tidak efisien. Akhirnya kami harus menggunakan teknologi baru," papar Zuck.


Dalam pernyataannya, Eutelsat memastikan jika layanan internet akan bisa dirasakan oleh para penduduk pedalaman Afrika jika satelit telah berhasil diluncurkan. Peluncurannya sendiri akan dilakukan pada paruh kedua tahun 2016. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya