Ini yang Buat Helm Mahal Layak Dibeli

Ilustrasi.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Kebanyakan para pengguna sepeda motor di Indonesia, masih kurang peduli akan pentingnya helm saat berkendara. Hal ini terbukti dari masih banyaknya pemotor yang tidak memakai helm.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Selain itu, tidak sedikit pula yang mengenakan helm dengan kualitas yang patut dipertanyakan. Bahkan, ada pula yang memakai helm, namun tidak mengaitkannya dengan baik dan benar.

Padahal, helm adalah pelindung utama kepala saat terjadi kecelakaan. Dilansir dari Bikesindia, Selasa 6 Oktober 2015, teknologi pembuatan helm sudah sedemikian canggih, sehingga pengendara hampir tidak merasakan apa pun saat kepalanya membentur aspal.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun, kecanggihan ini tentunya harus ditebus dengan harga yang tidak murah. Ada beberapa alasan mengapa helm yang berkualitas baik tinggi harganya.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, helm mahal terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan terluar, biasanya terbuat dari serat karbon. Material ini dipercaya, karena kekuatan dan bobotnya yang ringan.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Saat membentur aspal, bentuk serat tidak akan berubah. Beberapa produsen helm ada yang memakai material zylon, yakni bahan yang biasa dipakai sebagai lapisan rompi anti peluru.

Di balik lapisan luar, ada lapisan empuk yang berfungsi untuk meredam guncangan. Lebih dari 50 persen guncangan yang terjadi saat pengendara terjatuh akan diredam oleh lapisan ini.

Sisa guncangan, kemudian diteruskan ke lapisan ketiga, yang disebut dengan crumple zone. Pada lapisan ini, hampir semua energi yang timbul akibat benturan akan disebar ke seluruh bagian helm dan diredam, sehingga kepala pengendara tidak akan merasakan apa-apa.

Lapisan terakhir adalah busa tebal yang biasa terlihat di bagian dalam helm. Antara busa dan crumple zone masih ada lapisan keras lagi yang berfungsi untuk memperkuat struktur helm. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya