Mendagri: HUT ke-70, TNI Harus Berani Ambil Sikap

Prajurit Kopassus TNI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma.
VIVA.co.id
Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman
- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus tetap memegang teguh prinsip saptamarga pancasilais sejati atau tujuh janji setia seorang prajurit.

Kemendagri Sosialisasi PP Tentang Perangkat Daerah
"Lahir dari rakyat, TNI harus berjuang bersama rakyat mempertahankan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegas Tjahjo, melalui pesan singkatnya dalam peringatan HUT ke-70 TNI, Senin, 5 Oktober 2015.

Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika
Menurut Tjahjo, TNI harus berani mengambil sikap bersama rakyat, juga berani menentukan siapa kawan dan lawan, yang hendak mencoba dan mengusik Pancasila.

"Termasuk juga harus punya sikap, bagi pihak yang ingin mencoba menganggu rakyat dan menganggu kedaulatan NKRI," terang Tjahjo.

Untuk itu, Tjahjo berharap TNI ke depannya bisa semakin profesional dalam usianya yang telah mencapai 70 tahun. Sikap tersebut terlihat di bawah komando Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"70 tahun itu artinya harus tetap berdaulat, mandiri, dan berkepribadian," ujar Menteri dari PDIP itu.

Hari ini digelar perayaan HUT ke-70 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten. Dalam peringatan tahun ini, TNI mengangkat tema "Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian." (ren)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya