Nonton HUT TNI, Warga Disuguhi Jajanan Gratis

HUT TNI 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id - Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten, menjadi tempat digelarnya puncak peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Negara Indonesia (TNI) ke-70, Senin, 5 Oktober 2015.

Jajanan Anak Berkemasan Kondom Beredar di Bekasi

Puluhan ribu prajurit TNI dan ratusan tamu undangan sudah memadati lokasi. Panitia juga memberikan akses bagi masyarakat untuk menyaksikan langsung peringatan HUT TNI, yang dilanjutkan dengan penampilan atraksi tempur alutsista TNI.

Pantauan VIVA.co.id, ribuan masyarakat sekitar dan keluarga TNI sudah memadati tempat pelaksanaan puncak perayaan HUT TNI tersebut. Warga sangat antusias ingin menyaksikan atraksi prajurit TNI dan manuver peralatan tempur yang dibeli dengan uang rakyat tersebut.

HUT ke-70, Reformasi TNI Masih Belum Tuntas

Sementara, parade prajurit TNI sudah bersiaga di lokasi sejak pagi hari. Saat ini, ribuan personel TNI tengah mengikuti upacara peringatan HUT TNI yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Selain atraksi militer, HUT TNI ke-70 ini juga dimeriahkan dengan hiburan dan jajanan rakyat yang disediakan gratis oleh TNI untuk masyarakat.

Sebelumnya Kepala Pusat Penerangan TNI Brigjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan, peringatan HUT TNI ke-70 ini digelar di Dermaga Indah Kiat, Cilegon karena TNI ingin menunjukkan dua kekuatan TNI, yakni Angkatan Udara dan Angkatan Laut, sebagai dukungan atas kebijakan pemerintah terkait poros maritim dunia.

"Maka tidak ada kata lain, TNI akan menjamin kebijakan kekuatan laut dan udara secara masih, dan bersamaan," kata Brigjen Tatang di Dermaga Indah Kiat, Cilegon saat diwawancara tvOne.

Menurut Tatang, pada HUT TNI ini, kekuatan matra udara dan laut TNI ini akan bersinergi dengan melakukan atraksi perang udara dan laut, sebagai wujud komitmen TNI dalam mendukung dan mengamankan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan kekuatan RI sebagai poros maritim dunia.

PDIP: Kesatupaduan 3 Matra TNI Harus Semakin Kokoh

Rencananya, pada atraksi tempur di Dermaga Indah Kiat nanti, pesawat tempur TNI AU akan menggelar atraksi pertempuran udara jarak dekat (dogfight). Pesawat TNI akan menghindar serangan lawan dan berbalik menyerang lawan.

"Dari laut juga, KRI kita akan memburu kapal selam lawan," ujar Tatang.

HUT TNI ke-70 ini melibatkan 16 ribu pasukan TNI dan parade defile.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya