KPU Gelar Simulasi Pilkada di Depok

Simulasi penghitungan suara di Depok
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Kota Depok. Simulasi ini dilakukan untuk tujuan mengetahui sejauh mana implementasi terhadap peraturan KPU No 10 tahun 2015 bisa diterapkan.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

Simulasi yang dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 18,  Sektor Melati, Perumahan Grand Depok City, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong Depok. Masyarakat tampak antusias mengikuti acara tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum, Husni Kamil Manik, menjelaskan kegiatan simulasi ini merupakan yang keempat kalinya. Kota Depok sengaja dipilih karena mewakili karakteristik pemilu Kota.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

"Awalnya di mulai di Kantor KPU pada 7 April, 2015, kemudian di Pangandaran untuk karakteristik masyarakat nelayan yang dilakukan pada 2 Agustus 2015, dan  dan di wonosobo untuk karakteristik perdesaan sudah dilakukan simulasi yang dilakukan pada 6 september 2015" kata Husni, Minggu 4 Oktober 2015.

Simulasi ini, lanjutnya, belum rangkaian final KPU untuk menetapkan satu panduan kepada KPPS. Tapi simulasi ini, diharapkan bisa memunculkan hal-hal yang dianggap penting dalam proses pelaksanaan dalam pemungutan dan perhitungan suara.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

"Jika masih ada yang kurang akan kita masukan dalam panduan KPPS," tegas Husni Kamil Manik.

Dalam simulasi ini, kata dia pihaknya ingin mengamati secara khusus 7 bagian yang baru dalam proses pelaksanaan pilkada serentak.? "Kita akan lihat berapa lama pemilih itu bisa dilayani, atau detail satu pemilih itu akan menjalani seluruh proses di TPS beberapa lama."

Lebih lanjut, Husni menegaskan bahwa pihaknya menargetkan pada hari pertama sudah mulai proses pengumpulan formulir C1 secara khusus 1 paket salinan dari KPPS langsung dari PPK, PPK ke kota. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya