Kemenhub Masih Ingin Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya

miniatur kereta cepat
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia merencanakan akan membuat transportasi . Staf Menteri Perhubungan, Hadi Mustofa Djuraid, mengatakan hal itu sesuai dengan keputusan pemerintah dalam mengembangkan transportasi modern di Indonesia.

"Kereta api cepat Jakarta-Surabaya ini direncanakan 2030 sudah terealisasi," kata Hadi dalam diskusi "Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Tak Terbendung?" di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 Oktober 2015.

Tentunya, kereta api tujuan Jakarta Surabaya ini akan lebih mempercepat jarak tempuh. "Pastinya 300 kilo meter per jam lebih," katanya.

Hadi menjelaskan, anggaran proyek pembangunan kereta api Jakarta-Surabaya sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah. Tapi, ia tak merinci secara detailĀ  berapa anggaran proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya yang akan di kucurkan oleh pemerintah.

Reuters Klarifikasi Berita Rini Soal Kasus Korupsi China
Gagasan kereta api super cepat ini sebenarnya mengemuka sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Studi kelayakan kereta cahaya itu sudah dilakukan sejak 2008, bersama pihak Jepang.

Brudirect Klarifikasi Berita Rini di Kasus Korupsi China

Rencananya, kereta ini akan melayani rute Jakarta-Surabaya sepanjang 685 kilometer dengan waktu tempuh hanya dua jam 53 menit.

Kereta super cepat ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 300 km/jam, atau rata-rata 250 km/jam, jauh melebihi kecepatan kereta Argo Bromo yang hanya 90 km/jam.

Untuk rangkaian Argo Cahaya ini akan digerakkan listrik. Rencananya, satu rangkaian terdiri dari 8-12 gerbong yang akan mampu mengangkut 600 penumpang.

Namun, proyek belum terlaksana hingga . Rupanya, para pengambil kebijakan yang baru justru lebih berkonsentrasi untuk membangun kereta cepat Jakarta-Bandung.

Tahun Ini Pondasi Kereta Cepat Selesai 15 Persen

Bila kereta cepat Jakarta-Surabaya masih mengawang-awang, (ase)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Soal Kereta Cepat, Menhub Budi Tak Mau Gegabah

Dia mengakui, proyek ini jadi prioritas dan sorotan masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016