Ikuti Jejak PM India, Jokowi Berencana ke Silicon Valley

Joko Widodo dan Mark Zuckerberg
Sumber :
  • kabar siang-tvOne
VIVA.co.id
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
- Pekan lalu, media asing heboh dengan berita pertemuan Perdana Menteri India dengan bos-bos di Silicon Valley. Seakan tak mau kalah, Presiden Joko Widodo juga berencana akan bertemu dengan mereka.

Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley

Hal itu diketahui dari pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, usai memberi sambutan di acara IDByte di Ballroom Pacific Place, Jakarta, Jumat, 2 Oktober 2015. Dikatakannya, pertemuan tersebut akan berlangsung akhir bulan ini.
Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama


Diketahui, Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Amerika Serikat pada 25-28 Oktober 2015. Dalam agenda kunjungan kerjanya, mantan Wali Kota Solo itu akan mampir dan bertemu dengan bos-bos teknologi di Silicon Valley.


Rudiantara mengungkapkan kalau pihaknya telah menjalin komunikasi dengan perusahaan besar teknologi yang berada di negeri Paman Sam itu. Beberapa perusahaan yang dijadwalkan akan bertemu Jokowi adalah Facebook dan Google.


Rudiantara mengklaim bahwa petinggi perusahaan-perusahaan itu menyambut baik agenda tersebut. Sayangnya mereka ingin pertemuan tersebut dilakukan secara pribadi.


"Saya mengajukan untuk mempertemukan ini dalam satu tempat tapi mereka bilang tidak mau. Mereka ingin bertemu secara private," ungkap dia.


Rudiantara mengungkapkan jika dia berusaha untuk terus melobi agar pertemua kedua belah pihak dapat dilakukan dalam satu waktu. Namun, ia belum memaparkan mengenai pokok persoalan yang akan dibahas dalam pertemuan itu.


"Sore nanti akan rapat dulu dengan beberapa kementerian dan juga perusahaan teknologi, seperti Google dan Facebook, yang di sini," ucap mantan petinggi di berbagai operator telekomunikasi ini.


Sebelumnya, PM India Narendra Modi juga sudah melakukan pertemuan dengan bos-bos teknologi di Amerika Serikat. Media melakukan ekspos besar-besaran dari pertemuan itu dan mengabarkan sambutan baik dari bos-bos itu kepada Modi. Bahkan Google berkomitmen menyediakan akses wifi di 500 stasiun kereta bawah tanah di India.


Dalam kunjungannya, PM Modi bertemu dengan beberapa petinggi perusahaan seperti Google, Facebook, Apple dan Tesla. Sambutan hangat ini mengartikan jika India merupakan negara penting bagi pasar teknologi dunia, dengan jumlah penduduk hampir menyamai China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya