Belasungkawa Pemimpin Dunia untuk Tragedi Mina

tragedi mina 2
Sumber :
  • Twitter/KSA_998

VIVA.co.id - Tragedi Mina di Arab Saudi, yang menewaskan ratusan jemaah haji menjadi sorotan masyarakat internasional. Sejumlah pemimpin dunia menyampaikan duka cita mendalam pada korban dan keluarga yang ditinggalkan.

Dilansir dari Arab News, Jumat, 25 September 2015, Sekretaris Negara untuk Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, Philip Hammond, menyatakan belasungkawa bagi para korban insiden Mina melalui akun Twitter pribadinya. “Sebuah kecelakaan menyedihkan terjadi di Mekah. Saya turut berbelasungkawa untuk para korban dari insiden ini."

Sementara Kanselir Angela Merkel mengirimkan pesan belasungkawanya kepada pengelola dan penjaga kota Mekah dan masjidil Haram, Raja Salman. Ia mengatakan Jerman turut berdukacita terhadap tragedi tersebut dan berharap agar korban yang selamat segera pulih.

Ucapan duka cita juga disampaikan Menteri Dalam Negeri Qatar, Sheikh Abdullah bin Nasser bin Khalifa Al-Thani. Ia mengirimkan pesan dukacitanya kepada pihak Arab Saudi terkait tragedi Mina. Ia juga menyampaikan doa agar Tuhan melimpahkan rahmat kepada korban meninggal dunia dan agar mereka yang luka-luka segera pulih.

Raja Salman juga menerima pesan dukacita dari Raja Mohammed VI, dari Kerajaan Moroko. Raja Mohammed mengungkapkan kesedihannya atas insiden Mina dan berbelasungkawa untuk Raja Arab Saudi. Ia berdoa agar Tuhan melimpahkan rahmat kepada seluruh korban tewas dan luka-luka.

Kuwait juga menyampaikan ucapan belasungkawa. Kepada  Raja Salman, Emir Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmed Al-Jaber Al-Sabah mendoakan agar Tuhan memberikan rahmat berlimpah kepada seluruh korban tragedi Mina dan pemulihan yang cepat bagi korban luka-luka.

Presiden Pakistan, Mamnoon Hussein bahkan menghubungi  Raja Salman secara langsung untuk menyampaikan salam Idul Adha sekaligus mengungkapkan dukacitanya bagi ratusan korban jamaah di Mina.

Presiden Tunisia, Al-Baji Gaed Al-Sibsi juga menyampaikan ucapan duka dan mengungkapkan kesedihannya untuk seluruh jemaah Haji dan pihak Kerajaan Saudi. Tunisia juga menyatakan solidaritasnya dengan Kerajaan Arab Saudi terutama saat tragedi menyedihkan ini.

Tawaf dan Rahasianya

Ia berdoa kepada Tuhan untuk melestarikan kepemimpinan Kerajaan dan agar membebaskan orang-orang dari bahaya apapun serta melimpahkan rahmat bagi para korban meninggal dunia dan luka-luka.

Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017