Gelar Pesta di Situs Bung Karno, Wakil Bupati Ende Diprotes

Wabup Ende Gelar Pesta di Situs Bung Karno Diprotes Warga
Sumber :
  • Kemdikbud.go.id
VIVA.co.id - Wakil Bupati Ende, Ahmad Jafar, diprotes warga karena menggelar pesta pernikahan di situs taman perenungan Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia, Soekarno, di kota itu. Pesta di tempat Bung Karno diasingkan pada 1934-1938 itu dianggap tak menghormati sejarah.
Peran Penting Kerajaan Kotawaringin Bagi Kemerdekaan RI

Warga mengingatkan wakil bupati bahwa taman perenungan itu tak hanya tempat pengasingan Bung Karno, melainkan juga situs sang proklamator mendapatkan inspirasi sehingga lahir Pancasila. Tempat bersejarah itu semestinya tak digunakan untuk kepentingan pribadi, seperti pesta pernikahan anak wakil bupati.
Curahan Hati Bung Karno yang Jadi Sasaran Pembunuh

Vensen Sangu, warga Ende, mengatakan, resepsi pernikahan yang akan digelar wakil bupati sebagai bentuk pengerdilan cara pandang seorang pejabat yang berkuasa terhadap situs perjuangan bangsa. Dia mendesak aparat Kepolisian segera membubarkan acara pribadi sang wakil bupati karena melanggar konstitusi tentang situs negara dan cagar budaya.
Menguak Ambisi Bung Karno Bangun Gedung Sarinah

Berdasarkan pengamatan VIVA.co.id di Taman Situs Perenungan Bung Karno, tampak sejumlah pejabat dan para pegawai negeri sipil lingkup Pemerintah Kabupaten Ende tengah sibuk menyiapkan sarana yang akan digunakan sebagai respsi pernikahan pada malam nanti.

Taman perenungan Bung Karno terletak di Kelurahan Rukun Lima, Ende Selatan, Ende, Nusa Tenggara Timur. Ada patung Soekarno di taman itu. Di tempat itulah Soekarno merenung dan mendapatkan kalimat-kalimat yang kontemplatif selama masa pengasingan pada 1934-1938.

Taman itu terletak sekira satu kilometer dari rumah pengasingan Sukarno di Ende. Patung Soekarno sedang duduk memandang ke arah Laut Sawu. Di sebelah Patung Sukarno tumbuh sebuah pohon Sukun. Konon di tempat itulah Soekarno mendapat gagasan lima dasar negara seperti daun pohon sukun yang berjari lima.

Taman perenungan Bung Karno adalah satu dari sepuluh situs penting yang berkaitan dengan kehidupan Sukarno di Ende. Di antaranya, rumah pengasingan, gedung pertunjukan Imaculata, Masjid Ar-Rabittah, makam mertua Bung Karno, Gereja Katedral, dan Percetakan Arnoldus di Ende Tengah.

Situs lain adalah tempat Sukarno menitipkan surat untuk dikirim kepada sahabat-sahabatnya, pelabuhan pendaratan pertama Soekarno di Ende, gedung kantor detasemen militer, dan eks toko De Leew.

Tofik Koban/Ende
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya