Penjelasan Dokter Soal Kesehatan Wapres Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla di RSCM
Sumber :
  • Foe Peace Mayel/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Aziz Rani, membeberkan apa yang terjadi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla sehingga dia perlu dirawat di rumah sakit.

Kata Aziz, awalnya Kalla merasa lelah saat melakukan aktivitas. Saat itu dia menghadiri acara bedah buku Reinventing Indonesia di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat.

Jusuf Kalla Ungkap Peran Penting Ulama

Kemudian disarankan untuk melakukan medical check up di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

"Beliau tetap tugas biasa, kemudian bilang merasa letih saja. Kemudian memang kami minta untuk sekalian diobservasi, karena itu beliau istirahat di sini semalam, tapi semuanya baik kok," kata Aziz di RSCM, Kamis 10 September 2015.

Aziz pun mengakui bahwa Selasa kemarin, tim dokter melakukan pemasangan ring pada jantung Kalla. Namun, Aziz mengaku tak tahu apakah ring itu adalah yang pertama dipasang.

"Itu barangkali beliau yang paling tahu, saya sendiri tidak detail memahami. Tapi pada dasarnya, pemasangan ring itu sesuatu prosedur terapi yang sudah sangat umum di mana-mana, di RSCM ini memang track-nya sangat banyak ya," ujar Aziz.

Aziz pun menjelaskan, bahwa pemasangan ring dilakukan sebagai upaya antisipasi. Fungsinya, untuk menjaga status kesehatan Kalla.

"Kita selalu berpikirnya antisipatif ya, pencegahan kan lebih baik. Pada dasarnya, kami lakukan untuk menjaga status kesehatan Bapak yang terbaik," tuturnya.

Setelah pemasangan ring, kata dia, tidak ada kendala kesehatan yang dialami oleh Kalla lagi. Kalla pun akan melakukan check up lagi nantinya sepulang dari RSCM Kencana.

"Tidak ada kendala, lebih segar lagi. Tadi sudah disampaikan ya, 3-4 bulan lagi paling (check up)," ujar dia.

Seperti diketahui, Wapres Jusuf Kalla dilarikan ke RSCM setelah kondisi kesehatannya tiba-tiba saja menurun saat beraktivitas di Kampus UI Salemba. Selama berada di RSCM Kencana, Kalla dirawat di salah satu ruangan khusus di lantai 7. (ase)

Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

JK: Cegah Terorisme Perlu Pendidikan dan Perkuat Intelijen

Teroris itu selalu buat sel dimana-mana dan mau serang negara lain.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016