Jemaah Haji Keluhkan Bus Tua yang Suka Mogok

Kloter Pertama Jamaah Haji Diberangkatkan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Sejumlah masalah dalam pelaksanaan ibadah haji masih saja terjadi. Tahun ini, masalah visa haji menjadi yang paling menonjol.

Namun begitu, transportasi rupanya menjadi masalah yang paling banyak dikeluhkan jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam gelombang pertama kedatangan. Umumnya, jemaah mengkritik ketidakseragaman bus saat mengangkut dari bandara ke pemondokan dan dari Madinah ke Makkah.

"Masalah ini berimbas pada banyaknya barang bawaan jemaah yang tertinggal atau tercecer," kata Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam kepada Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama RI.

Menurut Nurul, PPIH Arab Saudi sudah memprediksi adanya potensi masalah dari pelayanan transportasi. Dengan tidak adanya anggaran up-grading, maka jemaah haji Indonesia harus pasrah mendapatkan bus-bus yang disediakan naqabah lis-sayyarat, lembaga angkutan darat Arab Saudi yang bertugas melayani pengangkutan jemaah haji.

Di dalam naqabah, kata Nurul, ada sejumlah perusahaan bus yang memiliki armada tidak seragam. Ada bus yang kondisinya sangat baik, ada bus yang kualitasnya cukup, dan ada bus yang sudah berumur tua.

Tawaf dan Rahasianya

Permasalahan kerap datang dari bus-bus yang berumur tua, seperti Hafil dan Abu Sarhad. Faktanya, sejumlah bus dari perusahaan inilah yang mengalami mogok saat mengangkut jemaah dari Madinah ke Makkah.

"Sementara kita tidak bisa minta ganti bus dari perusahaan lain karena naqabah memberikan bus sesuai urutan jalan di pool mereka," kata Nurul. (one)

Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017