JK: Tinggal di Indonesia, Umat Islam Beruntung

Wakil Presiden, Jusuf Kalla.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Pesan Twitter untuk Aksi Damai 4 November
- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan tentang beruntungnya umat Islam yang tinggal di Indonesia. Di tengah sulitnya umat Islam di negara-negara lain melaksanakan ajaran agamanya, Kalla mengatakan selama bertahun-tahun, umat Islam di Indonesia bisa dengan damai melaksanakan ritual seperti salat, hingga perayaan Hari Idul Fitri setiap tahun tanpa ada gangguan yang berarti.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

"Di banyak bagian dunia, di negara yang mayoritas umat Islam berada, semuanya selalu berada dalam kekhawatiran. Kalau shalat Jum'at, khawatir ada bom. Kalau berpuasa, sulit mendapatkan bahan makanan untuk berbuka karena situasi ekonomi yang susah," ujar Kalla.
Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016


Ia mengingatkan umat Muslim di Indonesia untuk mensyukuri kondisinya saat ini. Namun, umat Muslim juga jangan lupa berdo'a dan berbuat agar situasi sulit yang dialami oleh sesama umatnya di berbagai belahan dunia lain segera berlalu.


Kalla mengatakan, konflik etnis, konflik keagamaan, hingga konflik politik yang menimpa umat Muslim di belahan-belahan dunia lain tidak hanya membuat umat Muslim sulit menjalankan ajaran agamanya. Tak sedikit umat Muslim yang menderita secara fisik dan mental. Tak sedikit pula korban jiwa dari berbagai umat yang timbul akibat konflik-konflik tersebut.


"Selain menjalankan hubungan kita dengan Tuhan, kita juga harus tetap memperhatikan sisi kemanusiaan. Kita harus berdo'a membantu banyak umat Islam di berbagai negara agar dapat atasi masalahnya," ujar JK.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya