Pesawat Trike Mendarat Keras, Tapi Pilot dan Penumpang Sehat

Pesawat Trike yang mengalami insiden di Bantul.
Sumber :
  • Foto: Daru Wakita/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Sebuah pesawat latih milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jenis Trike mendarat darurat di Bantul, Yogyakarta.

Trike yang merupakan hasil modifikasi dari hang glider dengan dilengkapi mesin itu mendarat di area persawahan di Dusun Glondong, Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Sabtu 5 September 2015, sekira pukul 09.00 WIB.

Menurut Sumartinah, salah seorang saksi mata mengatakan, pesawat yang jatuh di area persawahan sebelum sempat berputar-putar dan tiba-tiba jatuh.

Ini Wujud Mengerikan Kepingan Pesawat Flydubai yang Jatuh

"Suaranya cukup keras. 'Mak Bruk'. Para siswa SMA 2 yang sedang olahraga di lapangan langsung mendatangi lokasi pesawat jatuh yang hanya berjarak beberapa meter," katanya.

Sumartinah mengaku juga ikut berlari untuk melihat pesawat yang jatuh di areal persawahan. Posisi pesawat jatuh terbalik. "Para siswa langsung memberikan pertolongan kepada pilot dan satu penumpangnya seorang cewek," tuturnya. (Baca juga: Detik-detik Pesawat Trike Jatuh di Bantul).

Setelah diberi pertolongan, pilot yang diketahui namanya Eriko dan penumpang bernama Cici langsung berjalan menjauhi pesawat yang ditumpanginya. "Keduanya tampak sehat dan tidak ada keluhan sakit. Namun, keduanya katanya dibawa ke rumah sakit," tuturnya.

Dari keterangan Cici penumpang pesawat trike, sebelum terbang dari Bandara Adisutjipto kondisi mesin sudah tidak beres dan akhirnya mati di atas. "Tadi mbak-nya yang ikut jatuh dari pesawat cerita bahwa mesin pesawat sudah terlihat bermasalah sebelum terbang dan akhirnya mati saat di angkasa," ujarnya.

Dari pengakuan Cici juga diketahui, pesawat berencana mendarat darurat di lapangan, namun belum sempat mendarat di lapangan pesawat jatuh di lahan sawah. "Memang rencananya mau mendarat darurat di lapangan yang sedang digunakan untuk olahraga siswa-siswa SMA 2 Banguntapan namun gagal," tuturnya. (asp)

Kondisi puing-puing pesawat Flydubai

Tiga Dugaan Penyebab Pesawat Flydubai Jatuh dan Terbakar

Pesawat Flydubai memiliki catatan keamanan yang bersih.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2016