Peron di Stasiun KRL Bakal Tambah Panjang

Gangguan Sinyal Kereta Api Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia
- Commuter Jabodetabek akan menambahkan panjang peron pada sejumlah stasiun. Pertambahan panjang peron ini dibutuhkan untuk karena adanya program penambahan jumlah unit gerbong dalam rangkaian kereta api menjadi 12 unit gerbong dalam satu rangkaian.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket

Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila, mengatakan, sedang menyiapkan perpanjangan peron pada 16 stasiun. Ia menargetkan perpanjangan peron tersebut bisa selesai pada Desember 2015. Penambahan panjang peron dilakukan karena ke depan KCJ berencana hanya akan memiliki dua varian kereta.
Menhub Baru Target Penumpang Commuter Line Capai 420 Juta


"Varian kereta hanya terdiri dari dua yaitu kereta dengan panjang kereta 12 unit gerbong dan kereta dengan panjang 10 unit gerbong. Kalau yang 8 unit gerbong tidak bisa diapa-apakan lagi, rangkaian kereta itu akan dioperasionalkan pada lintas tertentu," ujar Fadhila pada konferensi pers di kantor KCJ, Stasiun Juanda, Jakarta, Jumat 4 September 2015.


Ia menambahkan karena rangkaian gerbong kereta yang mulanya hanya 8 sampai 10 gerbong ditambah dua unit gerbong, akan ada dua unit gerbong yang tidak kebagian peron. Karena itu, KCJ melakukan perpanjangan peron di sejumlah stasiun.


Fadhila menyebutkan hingga Desember 2015, KCJ akan menyiapkan perpanjangan peron untuk stasiun Bogor, Cilebut, Bojong, Tebet, Sudirman, Kramat, dan semua stasiun di Bekasi kecuali Cakung dan Bekasi.


Ia memprediksi tidak semua peron bisa selesai pada Desember 2015. Kemungkinan akan ada beberapa stasiun yang akan selesai pada Maret 2016 di antaranya stasiun yang beroperasi dari Bogor sampai Manggarai.


Terkait program perpanjangan peron ini, KCJ secara khusus akan membuat posko yang akan mengatur lalu lintas penumpang di peron yang ada. Ia mengatakan akan mengumumkan hal ini juga melalui pamplet dan pengumuman di kereta.


Lilis Khalisotussurur - Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya