Commuter Jabodetabek Akan Ditambah Jadi 12 Gerbong

SOROT MRT/LRT
Sumber :
  • krl.co.id
VIVA.co.id
Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia
- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menambah rangkaian gerbong kereta menjadi sebanyak 12 gerbong dari sebelumnya sebanyak 10 gerbong kereta. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan kapasitas angkutan yang semakin membeludak.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket

Direktur Utama, PT KCJ, Muhammad Fadhil, mengatakan bahwa upaya ini merupakan bentuk inovasi guna mencapai target perusahaan agar mampu mengangkut 1,2 juta penumpang pada 2019.
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara


‎"Kami sudah punya kesiapan untuk memulai mengoperasionalkan kereta dengan 12 gerbong‎, kalau
enggak
ada persoalan teknis lagi, kami akan mulai jalankan pekan depan," ujar Fadhil di Stasiun Juanda, Jakarta, Jumat 4 September 2015.


Dia melanjutkan, pada tahun ini, KCJ telah membeli 120 gerbong kereta. Saat ini, sudah 54 gerbong yang diterima. Gerbong-gerbong baru tersebut akan dioperasikan untuk rangkaian kereta yang memiliki 12 gerbong.


Fadhil menjelaskan, dengan penambahan gerbong tersebut akan mampu meningkatkan kapasitas angkut penumpang,‎ di mana dalam satu gerbong mampu mengangkut penumpang di kisaran 200 penumpang.


"Untuk tahap pertama kami akan operasikan untuk relasi Jakarta Kota ke Bogor, karena 70 persen penumpang di Stasiun Manggarai itu mayoritas dari Bogor," ucap Fadhil.


‎Dia mengatakan, penggantian rangkaian kereta dengan 12 gerbong tersebut akan terus ditingkatkan seiring dengan kedatangan gerbong yang telah dipesan.


"KCJ menargetkan mampu mengoperasikan sembilan rangkaian stamformasi kereta (kereta
commuter
dengan 12 gerbong) sampai akhir tahun," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya