Ertiga Baru Akan Hadir Varian Hibridanya

Suzuki Ertiga Luxury.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, yang baru saja ditutup beberapa hari lalu, menjadi ajang peluncuran perdana versi terbaru dari mobil multi purpose vehicle (MPV) Suzuki, yaitu New Ertiga.

Suzuki Ertiga Diskon Gede

Untuk pasar Indonesia, mesin yang digunakan Ertiga baru ini sama persis dengan versi sebelumnya, yakni empat silinder berkapasitas 1.373cc, dengan konsumsi bahan bakar sekitar 11-12 kilometer untuk tiap liternya.

Namun, seperti dilansir dari Rushlane, Kamis, 3 September 2015, Ertiga yang bulan depan hadir di India akan mendapat mesin yang berbeda. Selain mesin bensin, Maruti Suzuki berencana memasang mesin diesel berteknologi hibrida pada Ertiga baru.

Hyundai Batal Bikin Pesaing Suzuki Ertiga

Mesin ini sebelumnya sudah digunakan oleh Suzuki Ciaz hibrida. Diberi nama SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), sistem hibrida ini menggunakan motor starter untuk membantu kinerja mesin konvensional.

Selain berfungsi menyalakan mesin, motor starter juga bisa diubah menjadi generator penghasil listrik pada saat pengereman maupun deselerasi. Listrik ini nantinya akan disimpan, untuk digunakan kembali saat mesin konvensional butuh tenaga tambahan.

Mazda Luncurkan Kembaran Suzuki Ertiga Terbaru, Harganya?

Saat diuji coba pada Ciaz, mesin hibrida ini mampu menempuh jarak dua kilometer lebih jauh dibanding mesin biasa, dengan mengonsumsi satu liter bahan bakar. Sebagai informasi, tenaga yang dihasilkan mesin diesel berkapasitas 1.200cc ini adalah 88 tenaga kuda dan torsi 200 Newton meter.

(mus)

Media test drive New Ertiga

Satu Lagi Mobil Buatan Indonesia yang Laris di Pasar Ekspor

Sampai Februari 2017, ekspor Ertiga mencapai 9.000 unit.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016