Saut dan Basaria Disorot, Ini Penjelasan Pansel KPK

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Dua nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang dan Basariah Panjaitan menjadi sorotan. Terutama, terkait harta kekayaannya.

Walau begitu, panitia seleksi (Pansel) capim KPK memastikan tidak ada masalah terhadap keduanya.

"Itu kan semua ada klarifikasinya. Jadi, kita bisa klarifikasi, ada justifikasinya, jadi sejauh ini nggak ada masalah," kata Ketua Pansel, Destry Damayanti di Istana Merdeka, Selasa 1 September 2015.

Walau mengaku sudah melakukan klarifikasi, Destry tidak bisa membuka hal itu ke publik. Termasuk, saat disinggung apakah harta yang diperoleh bisa dipertanggungjawabkan, atau tidak.

"Itu sudah terlalu spesifik, kami enggak masuk ke ranah sana. Tetapi, kalau sudah masuk ke delapan, artinya sudah clear," jelasnya.

Pada sesi tes wawancara 26 Agustus 2015 lalu, Destry sempat menyebut kalau Saut yang paling banyak laporannya yang masuk ke pansel. Termasuk, soal mobil mewah Rubicon B 54 UT miliknya.

Selain itu, pansel saat itu juga mencecar staf ahli Kepala BIN ini terkait perusahaan miliknya, yakni PT Indonesia Cipta Investama.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

Sementara itu, Basaria sempat diragukan independensinya. Basaria pernah ditanya pansel ihwal kenaikan pangkatnya saat ini berkat bantuan seniornya di Polri yang memiliki pangkat lebih tinggi.

Atas tudingan itu, Basaria telah mengklarifikasi dan menegaskan dia akan bersikap independen. (asp)

Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek
pelantikan pimpinan kpk

PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya

Makanya PDIP memilih mereka.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015