Rekayasa Jalan Sekitar Monas terkait Demo Buruh

Demo bertepatan 100 hari pemerintahan Jokowi - JK.
Sumber :
  • Bayu Januar

VIVA.co.id - Massa buruh mulai memadati kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Secara perlahan, massa mulai bergerak untuk menuju kawasan Istana Merdeka. Buruh akan menyampaikan 10 tuntutan mereka kepada Presiden Joko Widodo.

Alasan Delapan Tukang Becak Ingin Terobos Istana

Terkait dengan kondisi ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai menutup kawasan Jalan Medan Merdeka Barat agar kemacetan tidak berimbas ke kawasan lain. Kawasan Jalan Budi Kemuliaan yang menuju Jalan Medan Merdeka Selatan juga sudah ditutup.

Disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Risyapudin Nursin, penutupan dan pengalihan lalu lintas di kawasan lain akan diberlakukan bila situasi memang mengharuskan itu.

"Untuk sementara, kami situasional saja. Yang kami nilai terjadi kepadatan massa dan kendaraan, sementara terjadi di Bundaran Patung Kuda," ujar Risyapudin kepada wartawan di Bundaran HI, Selasa, 1 September 2015.

Dia menambahkan, sebagai tolok ukur kepadatan, Bundaran Patung Kuda akan terus dipantau. Nantinya, jika terjadi kepadatan di wilayah lain, arus lalu lintas akan dialihkan.

"Dari Harmoni akan dialihkan ke Juanda, dari Jalan Abdul Muis juga akan kami luruskan. Dari Monas ke Sarinah dan Kebon Sirih akan diluruskan juga," katanya.

Sementara itu, untuk bus TransJakarta, katanya, tetap akan beroperasi meski ada demo hari ini. "Untuk bus TransJakarta akan kami lancarkan, lokalisasi ambil satu lajur menuju arah utara dan selatan," ujarnya.

Dekati Pagar Istana, Delapan Pengujuk Rasa Ditangkap
Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Pengacara terdakwa menduga tidak ada pemeriksaan sebagai dasar BAP.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016