MPR Adakan Seminar Nasional Empat Pilar MPR di Lampung

Wakil Ketua Fraksi PKB MPR Dr. Anna Mu'awanah
Sumber :
VIVA.co.id
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan
- Fraksi PKB MPR RI bekerjasama dengan organisasi Barak Bangsa Kabupaten Lampung Timur menyelenggarakan Seminar Nasional bertema "Memperkokoh Wawasan Kebangsaan bagi Organisasi Kemasyarakatan, Perempuan dan Pemuda dalam Konteks Politik Rahmatan Lil 'Alamin", di Sukadana, Lampung Timur, Kamis 27 Agustus 2015, berlangsung

Arzetti Bilbina: Biar Masyarakat Menilai Zaskia Gotik

Tampil sebagai narasumber adalah DR. Hj. Anna Mu'awanah, Wakil Ketua FPKB MPR; Abdul Malik Haramain, M.Si., Sekertaris FPKB MPR; Drs. H. Musa Zainuddin, anggota FPKB MPR; dan H. Chusnunia Chalim, calon Bupati Lampung Timur.
Zaskia Gotik Jadi 'Duta Pancasila,' Kok Bisa?


Sekitar 300 peserta ambil bagian dalam seminar nasional dalam rangka sosiali Empat Pilar MPR RI ini. Mereka adalah masyarakat dari delapan desa (dari 20 desa) di Kecamatan Sukadana.


"Untuk tahap pertama seminar ini pesertanya diambil dari delapan desa, kalau kita undang semua dari 20 kecamatan tempatnya tak cukup," ujar Slamet Mariman, S.Pd.I, Ketua PCA PKB Kecamatan Sukadana.


Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi PKB MPR Dr. Anna Mu'awanah selaku pimpinan MPR RI yang membuka seminar nasional mengatakan dalam sambutannya, bahwa setelah refomasi yang diikuti perubahan UUD 1945 banyak hal yang perlu diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia," ujar Anna Mu'awanah dalam sambutannya.


Di bidang eksekutif misalnya, pasca reformasi muncul lembaga-lembaga negara negara baru, seperti Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial. Di bidang legislatif juga ada lembaga negara baru yang bernama Dewan Perwakilan Daerah. "Ini perlu dikomunikasikan dan diketahui oleh masyarakat," kata Anna Mu'awanah.


Dalam kaitan tema seminar, Fraksi PKB memang sengaja memilih sasarannya perempuan dan pemuda. Khususnya menyangkut perempuan, jelas Anna Mu'awanah, PKB mendorong partisipasi perempuan untuk menduduki jabatan di bidang politik. Kebetulan PKB menempat tokoh perempuan, yaitu Hi. Chusnunia Chalim, sebagai calon Bupati Lampung Timur dalam Pilkada serentak, Desembar 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya