Alat Ini Bisa Tambah Tenaga Mobil 100 Daya Kuda

Perangkat Vortech Superchargers.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Beberapa perusahaan penyedia suku cadang after market turut memamerkan sejumlah produk terbaru mereka di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Salah satunya adalah PT Signal Group, yang ditunjuk sebagai distributor resmi Vortech Superchargers di Indonesia.

Suku Cadang Palsu Diminati, karena Harga Asli Kemahalan?

Vortech Superchargers merupakan perangkat yang dapat menambah tenaga mesin. Cara kerjanya adalah dengan memampatkan udara yang masuk ke dalam ruang bakar, sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar.

“Kami sangat bangga dapat ditunjuk langsung oleh Vortech Engineering asal Amerika Serikat, untuk memasarkan produk Vortech Superchargers di Indonesia. Selain sudah dikenal luas di dunia, kit dan komponen Vortech Superchargers sudah dikembangkan, agar sesuai dengan perangkat standar di mobil,” kata Chief Executive Officer (CEO) Signal Group, Andre Mulyadi di hall A, ICE, BSD City, Tangerang, Minggu 30 Agustus 2015.

Polisi Bingung Suku Cadang Motor Palsu Lebih Diminati

Alat ini diklaim memiliki kompresor paling efisien, sehingga bisa meningkatkan tenaga mesin mobil secara signifikan dan mengurangi gejala parasitic draw (kerusakan kelistrikan) saat mesin mobil dimatikan.

Andre juga menuturkan, Vortech menyediakan sistem superchargers bolt-on untuk mobil-mobil buatan General Motors (GM), Ford, Chrysler, pikap, dan sport utility vehicle (SUV). Jika Vortech tidak memiliki sistem yang lengkap dan sesuai untuk mobil, maka bisa dibuat secara khusus.

Beli Kaca Spion 'KW' Justru Rugi Besar, Kenapa?

Salah satu buktinya yaitu aplikasi kit buatan khusus Vortech Superchargers pada mobil Toyota FT-86 (FR-S) yang dipajang di acara GIIAS 2015, milik Yunanda Wirawan.

Pada mobil tersebut, FT-86 bermesin standar 2.000cc empat silinder bertenaga 197 daya kuda dan torsi 203 Newton meter (Nm) tenaganya naik menjadi 294 daya kuda dan torsi mencapai 284 Nm, dengan pengaturan tekanan sebesar sembilan pound per square inch (psi).

Dengan menggunakan Vortech, ubahan yang dilakukan memang menyeluruh, termasuk penggantian sensor manifold absolute pressure (MAP) dan penggunaan perangkat lunak EcuTek untuk mengoptimalkan ECU (engine control unit), agar mesin tetap aman dan dapat tetap mengonsumsi bahan bakar dengan nilai oktan (research octane number atau RON) 91.

Karena didatangkan utuh dari Amerika Serikat, harga jual kit Vortech Superchargers untuk Toyota FT 86 adalah US$4,614, atau setara dengan Rp65 juta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya